Siapakah Riccardo Calafiori? Semua yang perlu Anda ketahui tentang target Arsenal tersebut

by

Meskipun ada minat dari Juventus, Liverpool, Real Madrid dan pada dasarnya setiap tim top Eropa lainnya, Arsenal hampir memenangkan perlombaan untuk merekrut Riccardo Calafiori musim panas ini.

Bek yang dinilai tinggi ini akan menandatangani kesepakatan di Stadion Emirates, menambah kekuatan pertahanan ke performa yang sudah sangat mengesankan Gudang senjata berbaris.

Jadi sebelum kepindahannya dikonfirmasi secara resmi, berikut semua yang perlu diketahui penggemar Arsenal tentang Calafiori.

Menyesuaikan ke dalam Saluran YouTube 90min saat Harry Symeou mendapatkan informasi mendalam tentang Riccardo Calafiori dari jurnalis sepak bola Italia Alessandro Eremiti.

Calafiori adalah tipe bek tengah yang Anda harapkan akan disukai Mikel Arteta.

Saat larinya yang memukau dan assist berikutnya untuk gol kemenangan Mattia Zaccagni di akhir pertandingan melawan Kroasia di Piala Eropa 2024 membuktikan, pemain berusia 22 tahun itu sangat, sangat nyaman menguasai bola. Secara total selama musim 2023/24, Calafiori hanya menyelesaikan kurang dari 90% dari percobaan umpannya (lebih dari 1600 total), dengan sebagian besar umpan tersebut merupakan umpan progresif – 21 per pertandingan menurut Referensi FB.

Pemain internasional Italia ini juga sama mahirnya saat tidak menguasai bola. Hanya lima pemain bertahan yang melakukan lebih banyak intersepsi daripada bek tengah yang memiliki kaki depan sepanjang musim lalu, sementara 7,5 kali ia berhasil merebut bola per pertandingan juga menonjol dalam statistik.

Fakta bahwa ia juga kidal, dapat bermain sebagai bek kiri atau bek tengah, dan tingginya 6’2 juga sangat membantu.

Sejujurnya, tidak terlalu banyak.

Namun, jika kami harus memilih satu hal, kami akan mengatakan bahwa menjadi pemain bertahan yang bermain dengan kaki depan terkadang memiliki kekurangan. Calafiori dapat terjebak di posisi yang salah karena terkadang bersikap agresif saat tidak menguasai bola.

Calafiori sebenarnya melakukan kesalahan terbanyak kelima yang menyebabkan terjadinya tembakan ke gawang lawan di Serie A musim lalu, meskipun jumlahnya hanya tiga… dan itu bukanlah akhir dunia.

Riccardo Calafiori

Pemain kunci untuk Bologna / Image Photo Agency/GettyImages

Bila Anda mempertimbangkan fakta bahwa, dalam satu-satunya musim Calafiori bersama Bologna, klub tersebut lolos ke Liga Champions untuk pertama kalinya dalam lima dekade, cukup adil untuk mengatakan bahwa bek tengah itu tampil cukup baik di Tuscany.

Calafiori merupakan pemain kunci dalam skema taktis ambisius Thiago Motta musim lalu, yang secara rutin diandalkan untuk membawa timnya naik ke atas lapangan.

Ia melakukannya dengan sangat cemerlang, sehingga pantas mendapatkan tempat sebagai pemain inti di Euro 2024, penghargaan pemain terbaik Serie A bulan Mei, dan sebagai hasilnya kepindahan bernilai besar ke Arsenal.

Paolo Maldini

Sepanjang masa / Etsuo Hara/GettyImages

Jika Anda berada di X selama sebulan terakhir, Anda akan tahu bahwa Calafiori telah dibandingkan dengan semua bek Italia di awal tahun 2000-an… terutama karena barnettnya.

Dari segi sepak bola, perbandingan tersebut memiliki beberapa manfaat.

Meskipun belum mendekati level Paolo Maldini (atau mungkin tidak akan pernah, yang tidak masalah, ia mungkin bek terbaik yang pernah ada), orang dapat melihat sedikit Maldini dalam diri Calafiori. Kualitasnya saat menguasai dan tidak menguasai bola, fakta bahwa ia kidal dan dapat bermain sebagai bek kiri atau bek tengah – masuk akal.

BACA FITUR DAN ANALISIS TERBARU DARI 90MIN