Shin Tae-yong Sanjung Jepang, Tegaskan Timnas Indonesia Tetap Punya Peluang – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong mengakui Jepang merupakan lawan yang sangat berat di Piala Asia 2023. Meski demikian, ia menegaskan peluang Garuda meraih hasil positif masih terbuka.

Timnas Indonesia tergabung di Grup D Piala Asia 2023. Selain Jepang, mereka juga akan berpasangan dengan Irak dan Vietnam.

Merujuk pada rangking FIFA, Jepang menjadi lawan terkuat Timnas Indonesia di Grup D. Samurai Biru saat ini memiliki peringkat terbaik se-Asia, peringkat 17 dunia.

Shin Tae-yong mengakui laga melawan Jepang bukanlah pertandingan yang mudah. Ia juga menilai tim asuhan Hajime Moriyasu hampir sempurna.

“Jepang adalah tim terbaik di Asia saat ini. Keseimbangan serangan dan pertahanan mereka sangat bagus. Saya akui mereka hampir sempurna di Asia,” kata Shin Tae-yong, dikutip dari ChosunSenin (8/1/2024).

Meski demikian, juru taktik asal Korea Selatan itu menegaskan timnas Indonesia masih berpeluang meraih hasil positif.

Timnas Indonesia saat melakoni laga uji coba melawan Libya, Jumat (1/5/2024) (pssi.org)

Kuncinya, kata Shin Tae-yong, Asnawi Mangkualam dan kawan-kawan perlu menjaga mental dan kepercayaan diri saat menghadapi lawan yang lebih kuat di atas kertas.

“Ranking hanya sekedar angka. Ini kepercayaan diri pemain. Saya sedang memikirkan bagaimana cara meningkatkan kepercayaan diri pemain,” kata STY.

“Jika pemain bermain tanpa kehilangan semangat saat menghadapi tim yang lebih baik dari kami, ada peluang mendapatkan hasil yang tidak terduga,” tambahnya.

Timnas Indonesia menjadi salah satu tim dengan peringkat FIFA terendah dari 24 peserta Piala Asia 2023. Bahkan di Grup D, skuad Garuda menjadi satu-satunya tim yang berada di luar 100 besar peringkat FIFA.

Irak diketahui berada di peringkat 64 dunia, sedangkan Vietnam yang menjadi musuh bebuyutan Timnas Indonesia di kawasan Asia Tenggara saat ini berada di peringkat 94.

Piala Asia 2023 akan berlangsung di Qatar. Rangkaian pertandingannya akan berlangsung pada 12 Januari hingga 10 Februari 2024.