Satu Pemain Kunci Filipina yang Harus Diwaspadai Timnas Indonesia, Dia Jebolan Atletico Madrid – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Timnas Filipina bersiap menghadapi timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2026, dan fokusnya tertuju pada Santiago Rublico yang berusia 18 tahun. Pelatih Timnas Filipina, Michael Weiss, meyakini Rublico akan menjadi kunci sukses timnya pada laga yang akan berlangsung di Stadion Rizal Memorial, Manila, Selasa (21/11).

Rublico yang merupakan pemain junior Atletico Madrid di Liga Spanyol menarik perhatian saat Filipina menghadapi Vietnam pada laga pertama Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 16 November lalu.

Meski biasa berposisi sebagai bek kanan, Weiss memilih menggunakan skill Rublico sebagai pemain sayap kanan. Kombinasi hebat antara Rublico dan Jesse Curran berhasil menciptakan ancaman berulang kali ke pertahanan Vietnam.

Timnas Indonesia jelang laga melawan Filipina. [Dok. PSSI]

Weiss, pelatih asal Jerman, optimistis kerjasama di sisi kanan antara Rublico dan Curran akan semakin kuat seiring berjalannya waktu.

“Kedua pemain [Rublico dan Curran] menciptakan kombinasi yang bagus. Semakin sering mereka bermain bersama, mereka semakin kompak, saling memahami, dan menciptakan peluang yang baik, kata Weiss di situsnya. ruang istirahat.

Jelang laga melawan Indonesia, Weiss berkomitmen untuk terus memainkan Rublico sebagai pemain sayap.

Meski baru bergabung dengan timnas Filipina dua hari sebelum menghadapi Vietnam, Rublico tampil impresif selama 90 menit penuh.

“Dia adalah pemain dengan kemauan yang besar, dan tentu saja dia bisa mengatasi jet lag dengan cara yang baik. Kami sangat senang dengan penampilannya.”

Rublico sendiri menyambut baik keputusan Weiss yang tetap bermain sebagai winger.

Meski bukan posisi aslinya, Rublico memberikan keyakinan penuh terhadap keputusan sang pelatih.

“Itu tidak masalah bagi saya. Ini bukan posisi saya yang biasa, tapi saya percaya pada Weiss,” kata Rublico.

Pemain muda ini mengumpulkan banyak pengalaman di tim muda klub La Liga Spanyol, sebelum akhirnya direkrut oleh Atletico Madrid U-19 setelah sempat bermain sebentar dengan Rayo Vallecano.

Kesuksesannya di Timnas Filipina menjadi bukti bahwa Rublico merupakan aset berharga yang siap memberikan kontribusi besar menuju Piala Dunia 2026.