Rumput, Tribun, Fasilitas hingga Aspek Keamanan – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Polemik seputar Jakarta International Stadium (JIS) yang tidak memenuhi standar stadion FIFA, khususnya Piala Dunia U-17, masih terus berlangsung.

PSSI yang baru-baru ini melakukan inspeksi menilai ada beberapa aspek JIS yang membuat stadion berkapasitas 82.000 tidak memenuhi persyaratan standar stadion FIFA.

Aspek yang menjadi perhatian PSSI adalah lapangan rumput, lahan parkir, dan jalur akses.

Lantas, apa saja syarat sebuah stadion yang bisa dikatakan masuk dalam standar FIFA? Lihat penjelasan lengkap persyaratan stadion standar FIFA di bawah ini.

Rumput Standar FIFA

Menurut sumber resmi FIFA dan dokumen FIFA Quality Program For Football Turf, ada beberapa jenis rumput yang memenuhi standar Federasi Sepak Bola Dunia, dengan spesifikasi sebagai berikut:

  1. Rumput alami: Jenis rumput ini tidak mengandung bahan buatan atau sintetis. Permukaannya kuat karena akarnya yang berada di bawah tanah.
  2. Rumput sintetis: Rumput ini sepenuhnya buatan manusia dengan menggunakan berbagai bahan sintetis. Biasanya rumput ini dilengkapi dengan isian biji karet yang elastis.
  3. Rumput hibrida alami: Jenis rumput ini paling sering digunakan. Permukaannya terbuat dari rumput alami yang tumbuh di atas serat sintetis. Serat sintetis ini biasanya mencapai kurang dari lima persen dari total tutupan rumput.
  4. Rumput hibrida sintetik: Ini adalah karpet rumput buatan dengan tambahan pasir, namun tetap membutuhkan perawatan seperti rumput buatan.

Lapangan Standar FIFA

Mengutip dari khelnow.comdimensi lapangan yang termasuk dalam standar FIFA adalah 105 meter x 68 meter, harus berbentuk persegi panjang dan ditandai dengan garis menerus.

Untuk area di luar lapangan, di stadion yang lebih besar, FIFA merekomendasikan jarak lima meter di luar setiap garis gawang dan empat meter di luar setiap garis sentuh sebelum menempatkan papan reklame di sekeliling.

Di stadion yang lebih kecil, FIFA merekomendasikan empat meter di belakang setiap garis gawang dan tiga meter di luar setiap garis sentuh sebelum menempatkan papan reklame perimeter.

Stand Standar FIFA dan Kapasitas Stadion

Kapasitas tempat duduk di stadion menurut standar FIFA memiliki beberapa kategori.

  • Final Piala Dunia FIFA: 40.000 penonton.
  • Pertandingan sepak bola profesional utama dan kompetisi internasional: 20.000 penonton.
  • Final kompetisi internasional yang lebih kecil (turnamen remaja): 10.000 penonton.
  • Pertandingan grup dari kompetisi internasional yang lebih kecil: 3.000 penonton.
  • Standar minimum FIFA untuk setiap stadion sepak bola: 250 penonton.

Ada kursi tunggal dan kursi lipat. Jarak antara jok dan lorong adalah 400 mm, dan jok harus mampu menopang beban hingga 250 kg.

Fasilitas Stadion Standar FIFA

Stadion menurut standar FIFA harus dilengkapi dengan tangga dan lift yang memadai. Ada juga toilet/urinal yang cukup di seluruh stadion untuk penonton.

Setiap stadion harus memiliki setidaknya dua ruang loker yang mencakup ruang ganti tim, toilet, dan area mandi/pemulihan.

Ada pertolongan pertama atau ruang medis yang mudah diakses oleh layanan darurat.

Stadion harus memiliki penerangan yang cukup untuk pertandingan malam hari, dengan tingkat penerangan rata-rata minimal 2.500 lux.

Aspek Keamanan Standar FIFA

Berdasarkan penjelasan FIFA.com, stadion berstandar FIFA harus memiliki peralatan dan prosedur yang efektif dalam mendeteksi dan menangani kebakaran. Semua stadion harus dilengkapi dengan peralatan pemadam kebakaran yang sesuai.

Semua pintu keluar stadion dan jalur evakuasi harus dirancang agar mudah diakses. Area di sekitar stadion harus mudah diakses oleh kendaraan darurat seperti truk pemadam kebakaran dan ambulans.

Setiap stadion harus memiliki Venue Operations Center (VOC) atau “ruang kontrol stadion” tempat operasi keselamatan dan keamanan dapat dipantau dan dikendalikan. Ini adalah ruangan yang mengoordinasikan sumber daya dalam situasi normal dan darurat.

Fasilitas pertolongan pertama dan ruang medis harus ada di setiap stadion. Ruang VOC juga harus mengarahkan bantuan medis yang mungkin diperlukan untuk penonton atau pemain.

Terdapat penanda yang mudah dibaca dan terlihat jelas. Selain itu, penanda untuk informasi tiket, informasi perjalanan, acara mendatang, informasi limbah dan daur ulang, serta peraturan stadion juga harus tersedia.

Itulah beberapa faktor yang menjadi syarat stadion berstandar FIFA untuk bisa menggelar pertandingan-pertandingan penting internasional, seperti Piala Dunia U-17. Apakah JIS memenuhi semua kriteria tersebut?