Resmi Mundur Akhir Musim Ini, 8 Tahun Lebih Latih Liverpool Habiskan Energi Jurgen Klopp – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Jurgen Klopp telah mengumumkan akan mundur sebagai pelatih Liverpool pada akhir musim 2023/2024.

“Jurgen Klopp mengumumkan keputusannya untuk mengundurkan diri sebagai pelatih Liverpool di akhir musim, dia telah memberi tahu pemilik klub tentang keputusannya,” demikian keterangan Liverpool di laman resminya, Jumat (26/1/2024).

Klopp akan tetap memimpin The Reds hingga akhir musim ini sebelum mengakhiri masa jabatannya selama delapan setengah tahun bersama klub Merseyside tersebut.

Pelatih berusia 56 tahun itu telah mempersembahkan enam trofi untuk Liverpool sejak bergabung dengan Borussia Dortmund pada Oktober 2015, termasuk Liga Champions pada 2019 dan mengakhiri kekeringan liga domestik selama 30 tahun dengan menjuarai Liga Inggris pada 2019/2020.

“Saya menyukai segalanya tentang klub ini, saya menyukai segala sesuatu tentang kota ini, saya menyukai segala sesuatu tentang pendukung kami, saya menyukai tim, saya menyukai staf. Saya menyukai segalanya,” kata Klopp.

“Namun, keputusan saya untuk terus mengambil keputusan ini menunjukkan kepada Anda bahwa saya yakin itu adalah keputusan yang perlu saya ambil,” lanjut pelatih berusia 56 tahun itu.

Kontrak Klopp bersama Liverpool sebenarnya akan habis pada Juni 2026. Namun, pelatih asal Jerman itu mengaku ‘kehabisan tenaga’ untuk terus membimbing Liverpool.

“Bagaimana saya bisa bilang, saya kehabisan energi,” kata Klopp.

“Saya tidak punya masalah apa pun sekarang, tentu saja, saya sudah tahu bahwa saya harus mengumumkannya suatu hari nanti, tapi saya baik-baik saja saat ini. Saya tahu saya tidak bisa melakukan pekerjaan itu lagi dan lagi dan lagi dan lagi. ,” kata pelatih berpaspor Jerman itu.

Klopp mengaku sengaja mengumumkan kepergiannya dari Liverpool pada pertengahan musim agar manajemen The Reds sempat melakukan transaksi atau pergantian pelatih dengan baik.

“Saya sudah memberi tahu klub sejak November lalu. Saya harus menjelaskan sedikit bahwa mungkin dari luar pekerjaan saya sepertinya saya keluar dan dalam sesi latihan, hal-hal seperti ini. Tapi kebanyakan hal terjadi di sekitar tipe ini. Itu artinya ketika musim berjalan dan Anda sudah merencanakan musim depan,” jelas Klopp.

“Saat kami berbicara tentang pemain potensial, kamp pelatihan musim panas mendatang, dan apakah kami bisa pergi ke mana pun, terlintas di benak saya, ‘Saya tidak yakin bisa berada di sini lagi’ dan saya sendiri terkejut karenanya. Saya mulai berpikir tentang [untuk pergi].”

Liverpool juga akan memiliki asisten pelatih Pepijn Lijnders dan Peter Krawietz, serta pelatih pengembangan elit Vitor Matos.

Presiden Fenway Sports Group (FSG), pemilik Liverpool Mike Gordon mengungkapkan rasa terima kasihnya atas apa yang telah dilakukan Klopp untuk klub.

“Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Jurgen atas semua yang telah dan terus dia lakukan untuk Liverpool. Terima kasih Juergen. Ketika saatnya tiba, Anda tidak akan pernah berjalan sendirian,” kata Mike Gordon.