Rating pemain saat The Reds mempertahankan awal sempurna di bawah asuhan Arne Slot

by

DARI ANFIELD – Liverpool meraih dua kemenangan dari dua pertandingan untuk memulai musim baru Liga Primer saat mereka mengalahkan Brentford 2-0 pada hari Minggu.

Gol di kedua babak dari Luis Diaz dan Mohamed Salah memberi The Reds tiga poin yang layak saat Arne Slot mempertahankan awal bagusnya di Merseyside.

Tuan rumah merupakan satu dari empat tim yang berhasil mencatatkan kemenangan pada masing-masing dua pertandingan pertamanya.

Bagaimana permainan itu berlangsung

Kota Brentford sempat mengawali pertandingan dengan baik namun kemudian tertinggal ketika peluang menyerang mereka justru berbalik merugikan.

Setelah memperoleh tendangan sudut pada menit ke-13, the Bees segera memungut bola dari gawangnya sendiri ketika Salah dan Diogo Jota melakukan serangan balik yang berakhir dengan penyelesaian yang baik dari Diaz.

Brentford hampir memanfaatkan situasi bola mati dengan lebih baik tak lama kemudian, ketika sundulan Christian Norgaard melebar dari peluang emas dari jarak dekat.

Namun The Reds terus mengancam, dengan Salah melepaskan tembakan melambung setelah permainan rumit di sisi kanan dan Trent Alexander-Arnold memaksa Nathan Collins melakukan blok putus asa di kotak penalti.

Gol Diaz sudah cukup untuk Liverpool untuk memimpin saat jeda, tetapi posisi mereka yang genting terlihat setelah dimulainya kembali permainan ketika Collins memaksa Alisson melakukan penyelamatan gemilang dengan sundulannya ke tiang belakang.

Akan tetapi, hal itu tampaknya membangunkan tuan rumah, dengan Jota dan Salah hampir mencetak gol setelah pembangunan yang rumit sebelum Alexander-Arnold membentur tiang gawang dengan tendangan sudut.

Dan ancaman Liverpool yang kembali ditemukan akhirnya membuahkan hasil ketika Diaz memberikan umpan kepada Salah setelah turnover tinggi dan pemain Mesir itu menyelesaikannya dengan tenang seperti biasanya untuk mengubah kedudukan menjadi 2-0 dengan 20 menit tersisa.

Skor semakin bagus ketika pemain pengganti Cody Gakpo nyaris melesakkan bola yang membentur mistar gawang di menit-menit akhir, tetapi itu tidak berarti apa-apa pada akhirnya karena tim Slot berhasil meraih tiga poin yang luar biasa.

Mohamed Salah

Tepat sasaran sekali lagi / Michael Regan/GettyImages

Kiper: Alisson – 7/10 – Berjalan cukup tenang pada hari itu tetapi kemudian muncul dengan penyelamatan penting dari Collins untuk mempertahankan kedudukan 1-0.

RB: Trent Alexander-Arnold – 7/10 – Siapa pun yang khawatir bahwa ia mungkin tidak lagi berpengaruh di bawah manajer baru telah merasa kekhawatiran mereka telah diredakan. Menciptakan empat peluang.

CB: Ibrahima Konate – 8/10 – Membenarkan pemilihannya di depan Jarell Quansah dengan penampilan yang luar biasa – sepenuhnya diperlukan mengingat ancaman bola mati Brentford.

CB: Virgil van Dijk – 7/10 – Kurang terlibat dalam pertempuran udara dibandingkan Konate, tetapi memotong sayap Wissa dan Mbuemo saat serangan balik.

LB: Andy Robertson – 7/10 – Sebuah outlet yang berguna dalam serangan dengan energi dan umpan silang khasnya.

CM: Ryan Gravenberch – 8/10 – Beradaptasi dengan baik dengan peran barunya sebagai gelandang bertahan, meskipun belum sepenuhnya sempurna. Menyapu dan menggunakan bola dengan baik di area sempit.

CM: Dominik Szoboszlai – 7/10 – Ulet saat tidak menguasai bola dan menunjukkan beberapa sentuhan indah di area sempit.

CM: Alexis Mac Allister – 7/10 – Lebih berpengaruh di babak kedua dibanding babak pertama tetapi pivot ganda jelas akan mengeluarkan kemampuan terbaiknya.

RW: Mohamed Salah – 7/10 – Mencetak gol klasik Salah, dribelnya membuat Ajer kesulitan.

CF: Diogo Jota – 7/10 – Memilih umpan yang tepat untuk menyiapkan gol pembuka dan terus menemukan ruang berbahaya.

LW: Luis Diaz – 8/10 – Mencetak gol, memberikan assist, dan secara umum meneror pertahanan Brentford dalam penampilan yang luar biasa.

Pengganti

SUB: Conor Bradley (73 untuk Alexander-Arnold) – 6/10

SUB: Darwin Nunez (73 untuk Jota) – 6/10

Pemain pengganti: Cody Gakpo (73 untuk Diaz) – 7/10

SUB: Harvey Elliott (84 untuk Salah) – 7/10

SUB: Wataru Endo (90 untuk Gravenberch) – T/A

Pemain pengganti yang tidak digunakan: Caoimhin Kelleher (GK), Joe Gomez, Kostas Tsimikas, Jarell Quansah.

Manajer

Arne Slot- 8/10 – Brentford menawarkan tantangan yang cukup unik yang tidak mungkin ditemukan di Eredivisie, namun manajer baru tampaknya memiliki semua jawaban.

Nathan Collins, Diogo Jota

Sore yang berat bagi Brentford / Michael Regan/GettyImages

Kiper: Mark Flekken – 7/10 – Melakukan beberapa penyelamatan gemilang untuk menahan Brentford tetapi tidak berdaya menghasilkan kedua gol.

RB: Mads Roerslev – 5/10 – Tidak dapat menghentikan aliran serangan Liverpool di sisinya dan tidak berbuat banyak untuk maju.

CB: Nathan Collins – 7/10 – Melakukan beberapa blok hebat di dalam kotak penalti dan nyaris mencetak gol ketimbang pemain Brentford lainnya lewat sundulan kepalanya di babak kedua.

CB: Ethan Pinnock – 6/10 – Pada periode di mana Brentford bertahan, dia hadir untuk membersihkan kekacauan dalam banyak kesempatan.

LB: Kristoffer Ajer – 5/10 – Kadang-kadang menimbulkan kekacauan dengan serangannya di sayap tetapi ia tak pernah bisa mengatasi segitiga Salah, Alexander-Arnold dan Szoboszlai.

RM: Mathias Jensen – 5/10 – Mengambil posisi tinggi dalam upaya untuk memaksa Robertson mundur, tetapi tidak berhasil. Dampaknya kecil di sisi lain bola.

CM: Christian Norgaard – 5/10 – Menyundul peluang emas yang melebar pada babak kedua dan kewalahan di lini tengah.

CM: Vitaly Janelt – 4/10 – Tidak berbuat banyak untuk melindungi lini belakang dan lemah menghadapi Salah dalam proses terjadinya gol pertama.

LM: Keane Lewis-Potter – 7/10 – Mengancam Liverpool beberapa kali dengan kecepatan dan dribelnya.

CF: Yoane Wissa – 6/10 – Sesekali mengecoh tuan rumah dengan larinya dari belakang, tetapi tidak berbuat banyak.

CF: Bryan Mbuemo – 5/10 – Jauh lebih pendiam dari biasanya dan menyia-nyiakan beberapa posisi yang setengah menjanjikan, meskipun dalam situasi satu lawan satu dengan Van Dijk.

Pengganti

Pemain pengganti: Mikkel Damsgaard (65 untuk Lewis-Potter) – 6/10

SUB: Fabio Carvalho (65 untuk Jensen) – 6/10

Pemain pengganti: Frank Onyeka (74 untuk Wissa) – 6/10

Pemain pengganti: Kevin Schade (74 untuk Janelt) – 6/10

Pemain pengganti yang tidak digunakan: Hakon Valdimarsson (GK), Sepp van den Berg, Ben Mee, Yehor Yarmoliuk, Ryan Trevitt.

Manajer

Thomas Frank – 5/10 – Berharap bisa mengejutkan pendatang baru Liga Primer Slot, tetapi melihat timnya didominasi sebagian besar.

Pemain terbaik pertandingan – Ibrahima Konate (Liverpool)