Rating pemain saat Lewandowski mencetak dua gol untuk memastikan kemenangan

by

Barcelona memulai kampanye La Liga mereka dengan awal yang solid dengan kemenangan comeback 2-1 atas Valencia pada Sabtu malam.

Tim tamu sebenarnya sempat tertinggal di babak pertama yang seru saat Hugo Duro menyundul bola ke gawang, tetapi Robert Lewandowski mencetak gol beberapa detik sebelum jeda setelah 45 menit yang tenang.

Lewandowski menggandakan golnya hanya beberapa menit setelah babak kedua dimulai dari titik penalti, membawa Barcelona meraih tiga poin berharga pada debut Hansi Flick di La Liga.

Bagaimana permainan itu berlangsung

Barcelona mencoba maju secepat mungkin, bermain dengan tempo yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan gaya bermain di bawah mantan bos Xavi. Lamine Yamal merupakan ancaman di sisi sayap, tetapi usahanya di awal setelah memotong ke dalam berhasil diblok dengan baik.

Valencia butuh waktu sekitar 12 menit untuk maju ke kotak penalti Barca, tetapi tuan rumah menikmati serangkaian momen bagus. Duro dan Andre Almeida sama-sama menimbulkan masalah dengan beberapa gerakan cepat, sebelum sundulan Duro dari tendangan sudut melambung.

Raphinha gagal mencetak gol dari jarak jauh yang membuat Giorgi Mamardashvili tertusuk di gawang Valencia, tetapi aksi di depan gawang terhenti karena teriknya cuaca musim panas. Duro seharusnya mencetak gol ketika ia melepaskan tendangan voli dari jarak enam yard, tetapi untungnya bagi penyerang Valencia itu, bendera offside menyelamatkannya dari kekalahan.

Duro berhasil mencetak gol dua menit sebelum jeda, tetapi sekali lagi, bendera offside dikibarkan. Namun, pemeriksaan VAR mengonfirmasi bahwa sang penyerang telah mengatur waktu larinya dengan sempurna dan mengesahkan gol tersebut.

Marc Casado melihat upaya untuk melakukan respon langsung berhasil digagalkan beberapa meter di depan garis, dan tepat di ujung lainnya, Pau Cubarsi perlu melakukan penyelamatan di garis gawang untuk menggagalkan Duro setelah Marc-Andre ter Stegen memberikan bola.

Dengan tendangan terakhir babak pertama, Lewandowski menyamakan kedudukan. Umpan silang Alejandro Balde melesat melewati kotak penalti dan diumpankan kembali ke gawang oleh Yamal, sehingga Lewandowski dapat memanfaatkannya untuk mencetak gol ke gawang yang kosong. Akhir yang menegangkan dari babak pertama yang menghibur.

Tendangan jinak Yamal dari jarak dekat seharusnya membuat Barcelona unggul pada menit pertama babak kedua, tetapi mereka mendapatkan peluang emas lainnya 60 detik kemudian ketika Raphinha mendapat hadiah penalti.

Lewandowski melangkah ke titik penalti dan melepaskan tembakan ke sudut atas gawang, membawa Barcelona unggul untuk pertama kalinya dalam pertandingan tersebut.

Upaya Ferran Torres berhasil diselamatkan sesaat sebelum menit ke-60 dan Lewandowski hampir mencetak tiga gol dengan 20 menit tersisa ketika tendangannya yang terdefleksi melebar tipis.

Barcelona terus menekan untuk mencetak gol ketiga, tetapi karena tugasnya sudah selesai, mereka tetap mengendalikan permainan dan meraih tiga poin berharga.

Lamin Yamal

Yamal mengantongi assist / Quality Sport Images/GettyImages

GK: Marc-Andre ter Stegen – 5/10 – Umpan yang buruk hampir membuat Duro mencetak gol kedua sesaat sebelum jeda. Penampilan yang menegangkan.

RB: Jules Kounde – 6/10 – Sering kali ditinggal di pulau oleh orang-orang di sekitarnya. Kalah dalam banyak pertempuran tetapi hampir tidak dapat berbuat apa-apa karena kekurangan jumlah. Bahkan bertindak lebih baik daripada yang seharusnya.

CB: Pau Cubarsi – 6/10 – Beberapa momen menegangkan di awal pertandingan, tetapi patut mendapat banyak pujian atas penyelamatannya di garis gawang. Menyelamatkan satu gol. Beruntung bisa terhindar dari kartu kuning kedua di awal babak kedua.

CB: Inigo Martinez – 5/10 – Tidak banyak memberikan kontribusi di lini belakang dan gagal mengawasi Duro. Sulit membayangkan dia bermain secara reguler musim ini.

LB: Alejandro Balde – 7/10 – Menutupi setiap helai rumput di sisi kiri dan tampaknya telah meningkatkan umpan terakhirnya. Menyebabkan berbagai masalah dengan umpan silangnya sebelum tertatih-tatih keluar lapangan pada menit ke-60.

DM: Marc Bernal – 6/10 – Lumayan. Kurangnya pengalaman terlihat dalam sebagian besar permainan ini karena Valencia memilih ruang di sekitarnya, tetapi Bernal tetap tenang dan bisa bangga dengan penampilannya.

DM: Marc Casado – 7/10 – Cemas pada tahap pembukaan karena kurangnya pengalaman yang ditunjukkannya, tetapi Casado berkembang dalam permainan dan memainkan peran penting setelah jeda.

RM: Lamine Yamal – 7/10 – Bukan penampilan terbaiknya, tetapi masih berhasil memberi assist untuk gol penyeimbang Lewandowski. Menimbulkan masalah bahkan saat ia berada di pinggir lapangan. Perlu meningkatkan kontribusinya dalam bertahan.

PAGI: Raphinha – 6/10 – Pantas mendapat pujian atas kerja kerasnya yang luar biasa, tetapi Raphinha yang berada di tengah ini tidak hebat. Berjuang untuk mengoper bola tetapi beberapa gerakan cerdas membuat timnya mendapat penalti di awal babak kedua.

LM: Ferran Torres – 5/10 – Banyak berlari tetapi jarang menerima bola, sehingga lebih sering keluar posisi.

ST: Robert Lewandowski – 7/10 – Tak seorang pun di lapangan, termasuk penjaga gawang, yang menyentuh bola lebih sedikit di babak pertama daripada Lewandowski (13), tetapi penyerang veteran itu tetap berhasil mencetak gol. Penalti yang hebat setelah jeda.

Pengganti

SUB: Gerard Martin (64′ untuk Balde) – 6/10

SUB: Pedri (64′ untuk Ferran) – 6/10

SUB: Andreas Christensen (64′ untuk Cubarsi) – 5/10

SUB: Eric Garcia (71′ untuk Bernal) – 6/10

Pemain pengganti: Pau Victor (86′ untuk Yamal) – T/A

Cadangan tidak digunakan: Inaki Pena (GK), Ander Astralaga (GK), Sergi Dominguez, Alex Valle, Hector Fort, Pablo Torre

Manajer

Hansi Flick – 6/10 – Meski Barcelona mendominasi statistik, mereka tidak merasa nyaman di sini. Masih banyak yang harus dilakukan.

Pemain terbaik pertandingan: Robert Lewandowski (Barcelona)

BACA BERITA BARCELONA TERBARU, RUMOR TRANSFER & GOSSIP