Publik Vietnam Heran dengan Kondisi Liga Indonesia, Soroti Gaji Wasit Hingga Pemain – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Salah satu pakar sepak bola Vietnam, Vu Manh Hai, menyarankan para pemain top di negaranya untuk mempertimbangkan pindah ke Liga Indonesia. Salah satu alasan yang dia kemukakan adalah tingginya gaji yang ditawarkan di Indonesia dibandingkan Liga Vietnam.

Vu Manh Hai yang dianggap pakar sepak bola Vietnam menyampaikan pandangannya melalui media sosial, khususnya di akun Instagram @gondesfootball yang banyak menjadi perbincangan.

Ia mengungkapkan, persaingan di Indonesia memang berada di bawah Vietnam, dan fakta tersebut terlihat dari peringkat Liga Indonesia yang berada di peringkat 26 se-Asia, jauh di bawah Liga Malaysia, Thailand, dan Vietnam.

Namun, ada hal menarik dari Liga Indonesia yang membedakannya dengan liga-liga di negara tetangga, yaitu gajinya yang lebih tinggi.

Gaji pemain di Liga Indonesia sudah terkenal dan hal inilah yang menjadi daya tarik banyak pemain asing untuk bermain disini.

Tak hanya pemain, gaji ofisial pertandingan seperti wasit di Liga Indonesia juga lebih tinggi dibandingkan kompetisi di negara tetangga.

Misalnya, wasit utama Liga Indonesia mendapat bayaran Rp 10 juta setiap memimpin pertandingan, sedangkan di Malaysia wasit utama hanya mendapat Rp 1,45 juta.

Di Thailand, fee wasit utama sekitar Rp 4,5 juta per pertandingan, sedangkan di Vietnam sekitar Rp 5 juta per pertandingan.

Dengan perbedaan gaji yang signifikan tersebut, Vu Manh Hai menyarankan para pemain Vietnam untuk memanfaatkan kesempatan bermain di Indonesia karena tawaran yang menggiurkan.

Selain itu, peran pelatih timnas Vietnam, Shin Tae Yong, juga dinilai berperan penting dalam mendorong pemain Vietnam bermain di Indonesia.