Profil Santos FC, Mantan Klub Neymar yang Terdegradasi dari Kasta Tertinggi Liga Brasil untuk Pertama Kali – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Santos FC, untuk pertama kalinya dalam 111 tahun sejarah klub, harus terdegradasi dari papan atas kompetisi Brasil.

Santos FC dipastikan tersingkir setelah dikalahkan Fortaleza pada Kamis (7/12/2023) sore WIB. Kekalahan ini membuat Santos terpuruk ke peringkat terbawah.

Kekalahan ini membuat Santos berada di peringkat 17 klasemen Serie A Brasil atau berada di ujung zona degradasi.

Mantan legenda klub Brasil, Pele, hanya mengoleksi 43 poin dari 38 pertandingan pada musim 2023. Santos hanya menang 11 kali, imbang 10 kali, dan kalah 17 kali.

Terdegradasinya Santos FC merupakan pukulan telak bagi masyarakat kota Santos. Mereka tak pernah membayangkan mantan klub Neymar itu akan bermain di divisi dua.

Dengan begitu, hanya tersisa dua klub Brasil yang belum pernah terdegradasi ke kasta kedua, yakni Sao Paulo dan Flamengo.

Lantas, bagaimana nasib Santos FC musim ini?

Profil Santos FC

Santos Futebol Clube atau lebih dikenal dengan Santos FC didirikan pada tanggal 14 April 1912, klub ini telah menjadi bagian dari sejarah sepak bola Brasil dan memiliki warisan prestasi yang kaya.

Santos FC lahir di kota Santos, negara bagian São Paulo, Brasil. Klub ini didirikan oleh sekelompok anak muda yang memiliki passion dan kecintaan terhadap sepak bola.

Pada tahun 1950-an dan 1960-an, Santos FC mencapai puncak kejayaannya di bawah bimbingan pelatih terkenal, Osvaldo Brandão, dan kemudian di bawah kepemimpinan ikon sepak bola Brasil, Pelé.

Pele, yang dianggap sebagai salah satu pemain terhebat sepanjang masa, membawa Santos meraih banyak gelar, termasuk Copa Libertadores dan Piala Interkontinental.

Warna tradisional Santos FC adalah hitam dan putih. Seragam klub dikenal dengan desainnya yang sederhana namun klasik, mencerminkan keanggunan dan kekuatan. Lambang klub menampilkan gambar kapal pesiar di atas sepak bola, yang mencerminkan identitas kota pelabuhan Santos.

Santos FC bermarkas di Estádio Urbano Caldeira atau lebih dikenal dengan Vila Belmiro. Stadion ini telah menyaksikan banyak kesuksesan gemilang dan momen bersejarah bagi klub berkapasitas sekitar 16.798 penonton itu.

Secara historis, Santos adalah tim tersukses kedua di Brasil, setelah memenangkan sembilan trofi domestik, dan salah satu klub sepak bola paling terkenal di dunia, setelah memenangkan delapan trofi internasional.

Ini menjadikan mereka tim tersukses keenam di Amerika Selatan (sama dengan Olimpia untuk tim resmi). kompetisi internasional dimenangkan, semuanya diakui oleh CONMEBOL); dan gelar Piala Super Champions Antarbenua.

Prestasi Klub

Copa Libertadores: 1962, 1963, 2011

Piala CONMEBOL: 1998

Recopa Sudamericana: 2012

Piala Antarbenua: 1962, 1963

Piala Super Antarbenua: 1968

Campeonato Brasileiro Serie A: 1961, 1962, 1963, 1964, 1965, 1968, 2002, 2004

Copa do Brasil: 2010

Supercopa Libertadores: 1968.

Kontributor: Aditia Rizki