Profil Gilbert Alvarez, Penyerang Timnas Bolivia yang Direkrut Arema FC – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Arema FC resmi memperkenalkan penyerang asing anyarnya, Gilbert Alvarez, untuk sisa kompetisi Liga 1 2023/24.

Posisi Arema FC yang terpuruk di papan bawah Liga 1 membuat manajemen Singo Edan memutuskan memperkuat lini depan lewat kehadiran Alvarez.

Beban berat justru ada di pundak Alvarez karena mantan striker Arema FC Gustavo Almeida berhasil mencetak 14 gol di paruh pertama Liga 1 2023/24.

Meski begitu, Gilbert Alvarez memiliki statistik yang bagus sebagai seorang striker. Pemain berusia 31 tahun itu mencetak 126 gol dalam karirnya menurut catatan Soccerway.

Dalam 11 musim karirnya yang dibukukan Soccerway, Gilbert dua kali gagal mencetak satu gol pun dalam satu musim. Pertama, saat bermain di klub lokal, The Strongest di Liga Bolivia 2011-2012, lalu saat tampil di klub Liga Arab Saudi 2018-2019, Al Hazm.

Kini pekerjaan rumah bagi Alvarez untuk melanjutkan kecemerlangannya bersama Arema FC di Ligue 1. Lantas, bagaimana kabar Gilbert Alvarez?

Profil Gilbert Alvarez

Pesepakbola bernama lengkap Gilbert Alvarez Vargas ini lahir di kota Santa Cruz, Bolivia, pada 7 April 1992. Sepanjang karirnya, ia menghabiskan sebagian besar waktunya di Liga Bolivia.

Dia memulai semua perjalanan ini dengan bergabung dengan akademi Club Calleja. Di klub inilah pula Alvarez melakukan debut profesionalnya pada tahun 2008.

Alvarez telah bergabung dengan klub Brasil yang saat ini dimiliki Ronaldo da Lima, Cruzeiro. Namun, ia tidak mendapat banyak peluang dan kemudian kembali ke Bolivia untuk membela The Strongest.

Setelah membela Guabira pada musim berikutnya, Alvarez bersinar saat membela Real Potosi. Ia berhasil mencetak 27 gol dalam 62 pertandingan di Liga Bolivia.

Kecemerlangan Gilbert Alvarez berlanjut saat membela Jorge Wilstermann dengan torehan 35 gol dalam 93 pertandingan di semua kompetisi.

Alvarez mengadu nasib berkarier di Timur Tengah dengan membela Al-Hazem di Saudi. Namun karirnya tidak berjalan mulus tanpa mencetak gol dalam 9 pertandingan.

Ia kembali ke Bolivia dan membela beberapa klub, seperti kembali ke Jorge Wilstermann, Royal Pari, dan terakhir Palmal For del Tropico.

Di klub terakhir, Palmaflor, Alvarez mencetak 8 gol dalam 20 penampilan. Sudah lama berkarir di Amerika Latin, Alvarez juga punya pengalaman bermain di kompetisi bergengsi.

Gilbert telah tampil di kejuaraan klub Amerika Latin, Copa Sudamericana dan Copa Libertadores. Di Copa Sudamericana, pemain asli Santa Cruz itu mencetak lima gol, sedangkan di Copa Libertadores empat gol.

Kemampuan Gilbert Alvarez pun membuatnya dipanggil ke timnas Bolivia. Ia bermain untuk Bolivia U-17 dan masih dipercaya tampil di timnas senior Bolivia dengan catatan 5 gol dalam 31 caps.

Kontributor: Aditia Rizki