Profil Fernando Valente Pelatih Anyar Arema FC, Ternyata Ayah dari Ze Valente – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Arema FC resmi memperkenalkan pelatih barunya, Fernando Valente, untuk memimpin skuad Singo Edan sisa musim BRI Liga 1 2023/2024.

Sempat dikaitkan dengan Divaldo Alves, Milomir Seslija, dan Milan Petrovic, Arema FC kini memilih ahli taktik asal Portugal, Fernando Valente.

Arema FC sendiri mengganti dua pelatih menyusul hasil kurang memuaskan di Liga 1 2023/2024 meski musim terbilang baru, yakni I Putu Gede dan Joko Susilo.

Valente pun mendapat tugas berat karena Arema FC masih belum pernah menang dan terpuruk di posisi terbawah Ligue 1 memasuki pekan ke-10.

Bagi Fernando Valente sendiri, ini merupakan pengalaman pertama pelatih berusia 64 tahun itu di Indonesia. Padahal, sepanjang kariernya sebagai pelatih, ia belum pernah melatih klub di luar Eropa.

Lantas, seperti apa sepak terjang Fernando Valente? Berikut profil singkatnya.

Profil Fernando Valente

Sosok bernama lengkap Jose Fernando Martins Valente ini lahir di Porto, Portugal, pada 22 Juli 1959. Saat ini ia memegang Lisensi UEFA Pro.

Fakta menarik, Fernando Valente merupakan ayah dari pemain Persebaya Surabaya, Ze Valente. Jadi dengan cara ini, keduanya akan menjadi rival di lapangan.

Mengutip data Transfermarkt, Fernando Valente belum pernah merelakan gelar juara selama berkarier sebagai pelatih.

Namun, ia memiliki pengalaman beragam melatih tim di Eropa. Karir kepelatihannya yang tercatat dimulai pada tahun 1992 dengan Freamunde.

Dalam 10 tahun terakhir, Fernando Valente melatih Espinho. Kemudian menjadi pelatih klub Liga 2 Portugal, Desportivo Aves, pada 2013-2014.

Dari sana, Fernando pernah melatih Santa Clara, SD Taishan U-19, Varzim, dan pernah melatih Shakhtar Donetsk U-19. Fernando juga melatih Estoril U-23 pada Juli 2022 hingga Oktober 2022.

Setelah hampir setahun menganggur, Fernando Valente kemudian bergabung dengan Arema FC. Namun Fernando belum mendampingi Arema FC.

Laga pekan ke-10 melawan Persikabo 1973 kemungkinan besar akan menjadi debut Fernando Valente sebagai pelatih Arema FC.

[Aditia Rizki]