Profil Ayase Ueda, Mimpi Buruk Timnas Indonesia di Piala Asia 2023 – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Ayase Ueda menjadi mimpi buruk bagi Timnas Indonesia saat menghadapi Jepang pada laga hari ketiga Grup D Piala Asia 2023.

Pada laga yang berlangsung di Stadion Al Thumama, Rabu (24/1/2024) malam WIB, Jepang menang dengan skor 3-1.

Tiga gol Samurai Biru tercipta dari dua gol Ayase Ueda dan satu gol bunuh diri Justin Hubner. Sementara jawaban Garuda dicetak Sandy Walsh.

Sepanjang pertandingan, Ayase Ueda benar-benar menjadi korban pertahanan Indonesia. Bermain selama 90 menit, penyerang berusia 25 tahun itu beberapa kali memberikan ancaman serius.

Lantas, siapa sebenarnya Ayase Ueda itu? Berikut ulasan profilnya!

Profil Ayase Ueda

Ayase Ueda merupakan penyerang utama Jepang di Piala Asia 2023. Ia lahir di Ibaraki, Jepang, pada 28 Agustus 1988.

Memulai karir sepak bola sejak SMA, Ueda memulai karir profesionalnya di Kashima Antlers setelah lulus dari Universitas Hosei pada tahun 2019.

Di musim pertamanya di level profesional, Ueda menunjukkan potensi dengan mencetak 4 gol dalam 17 pertandingan untuk Antlers.

Statistiknya terus meningkat dari musim ke musim hingga akhirnya klub kasta tertinggi di Belgia, Cercle Brugge, pada musim 2022/23 dengan biaya hanya 1,3 juta euro.

Di musim pertamanya bermain di Eropa, Ayase Ueda langsung memberikan pengaruh dengan mencetak 23 gol. 22 golnya dicetak di Liga Belgia sehingga ia menempati peringkat kedua pencetak gol terbanyak Liga Pro Belgia 2022/23.

Performa bagusnya tersebut menarik perhatian Feyenoord yang mengeluarkan dana sebesar 8 juta euro untuk memboyong Ayase Ueda ke Eredivisie. Sayangnya, Ueda tidak tampil terlalu impresif di musim pertamanya karena hanya mencetak satu gol dalam 19 pertandingan.

Karirnya di Timnas Senior Jepang dimulai pada Juni 2019. Saat itu, Hajime Moriyasu memanggilnya untuk laga Copa America 2019.

Hingga saat ini, Ayase Ueda tercatat sudah 22 caps bersama timnas Jepang dengan torehan 10 gol.

Kontributor: Aditia Rizki