Pilih Pratama Arhan yang Minim Jam Terbang, STY Kubur Mimpi Pemain BRI Liga 1 untuk Berseragam Timnas Indonesia – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Polemik pemanggilan pemain Timnas Indonesia oleh Pelatih Shin Tae-yong (STY) masih menjadi perdebatan. Pengamat sepak bola nasional, Tommy Welly, bahkan menyebut perbuatan STY bisa menghancurkan impian pesepakbola Tanah Air untuk bermain di BRI Liga 1.

Dalam daftar pemain Timnas Indonesia pilihan Shin Tae-yong, ada beberapa nama yang jadi bahan perdebatan karena dinilai tak layak mengenakan jersey timnas.

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae Yong (pssi.org)

Sebut saja dia Pratama Arhan. Pemain yang sebelumnya berseragam Tokyo Verdy di Liga Jepang itu nyaris tak mendapat menit bermain bersama timnya.

Lalu, ada kiper Syahrul Trisna. Pemain Persikabo 1973 itu juga jarang diturunkan, namun tetap dipilih oleh Shin Tae-yong.

Sebenarnya untuk posisi kiper ada yang lebih baik yakni Nadeo Argawinata. Posisi kiper nyaris tak tergantikan dan membuat Borneo FC Samarinda kini menjadi pemuncak BRI Liga 1 2023/2024.

Polemik lainnya adalah absennya Stefano Lilipaly di timnas yang notabene merupakan penggemar Borneo FC. Jika dibandingkan performa Dendy Sulistyawan dan Dimas Drajad di BRI Liga 1, tentu Lilipaly lebih unggul.

Tommy Welly mengatakan Shin Tae-yong sebaiknya menerapkan sistem promosi dan eliminasi. Artinya, pemain yang memberikan performa terbaik diberi kesempatan masuk timnas.

Secara tidak langsung apa yang dilakukan juru taktik asal Korea Selatan itu secara tidak langsung menghancurkan impian para pemain BRI Liga 1. Pasalnya Shin Tae-yong hanya memanggil pemain yang sama.

Seharusnya Shin Tae-yong menerapkan promosi pencopotan di skuad Timnas Indonesia. Sebaiknya pemain yang tidak tampil di skuad Garuda ditempatkan terlebih dahulu agar bisa introspeksi kesalahannya, kata Tommy Welly di luar diskusi Pers PSSI beberapa waktu lalu.

“Jika hal ini diterapkan, kemungkinan persaingan antar pemain bisa semakin kompetitif. Apalagi para pemain BRI Liga 1 atau Liga 2 Indonesia tetap bisa menjaga mimpinya membela Merah-Putih,” lanjut pria yang biasa disapa Bung Towel itu. .

Timnas Indonesia saat ini sedang menjalani TC di Turki untuk persiapan Piala Asia 2023. Turnamen tersebut akan digelar di Qatar mulai 12 Januari 2024.

Timnas Indonesia tergabung di Grup D bersama Irak, Jepang, dan Vietnam. Shin Tae-yong mengincar timnya lolos ke fase gugur.