Piala AFF U-23 2023: Road to Final Timnas Indonesia U-23 dan Vietnam – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Skuatnas U-23 Indonesia mengamankan tiket ke final Piala AFF U-23 2023 usai mengalahkan tuan rumah turnamen, Thailand dengan skor meyakinkan 3-1 pada Kamis (24/8/2023) sore WIB di Rayong.

Pada partai final yang berlangsung di Stadion Provinsi Rayong, Sabtu (26/8/2023) malam WIB, ujian pahit kembali menanti Timnas U-23 Indonesia. Tim Garuda Muda akan menantang Timnas U-23 Vietnam.

Vietnam sendiri juga tampil gemilang di laga semifinal kemarin dengan mengalahkan Malaysia 4-1.

Lantas siapa yang lebih baik dari kedua tim ini, Timnas U-23 Indonesia atau Vietnam? Berikut jalan menuju final kedua tim di Piala AFF U-23 2023.

Vietnam Gila Sejak Fase Grup

Vietnam menjadi salah satu kandidat terkuat juara Piala AFF U-23 2023. Pasalnya sejak fase grup berhasil mengumpulkan poin penuh.

Berada di grup yang sama dengan Filipina dan Laos di Grup C, Vietnam berhasil mengalahkan kedua tim tersebut. Mereka mengalahkan Filipina dengan skor 1-0 dan Laos dengan skor 4-1.

Dengan performa luar biasa tersebut, Vietnam layak lolos ke babak semifinal melawan Malaysia. Bahkan di babak semifinal, Vietnam berhasil mengalahkan Malaysia dengan skor besar 4-1.

Tak hanya soal performa, Vietnam juga punya salah satu pemain paling berbahaya di turnamen ini, Dinh Xuan Tien. Pemain satu ini berhasil membawa Vietnam ke final dengan mencetak dua gol ke gawang Malaysia.

Dinh Xuan Tien juga menjadi top skorer sementara Piala AFF U-23 2023.

Timnas U-23 Indonesia adalah Kuda Hitam

Meski menang besar atas Thailand, Timnas U-23 Indonesia mengawali perjalanannya di Piala AFF U-23 2023 dengan awal yang cukup menggembirakan.

Di babak penyisihan grup, mereka kalah dari Malaysia di laga pembuka Grup B dan hanya menang tipis atas Timor Leste. Selain itu, Timnas U-23 Indonesia juga lolos berkat “keberuntungan” sebagai runner-up terbaik.

Timnas U-23 Indonesia “dibantu” Thailand dan Vietnam lolos ke babak semifinal sebagai runner-up terbaik. Dengan performa seperti itu, sebenarnya Timnas U-23 Indonesia bukanlah pilihan untuk menang atas Thailand.

Namun skuad Garuda Muda mampu bangkit dan menyudahi kompetisi Thailand di babak semifinal.

Soal pencetak gol, Timnas U-23 Indonesia punya Ramadhan Sananta yang sejauh ini sudah mencetak dua gol di turnamen tersebut.

Kontributor: Imadudin Robani Adam