Petugas Lakukan Simulasi Pengamanan di GBT Jelang FIFA Matchday Timnas Indonesia vs Palestina – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Petugas gabungan melakukan simulasi pengamanan dan penyisiran stadion jelang pertandingan FIFA Matchday antara Timnas Indonesia dan Timnas Palestina di Stadion Utama Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, Rabu (14/6/2023).

Kepala Biro Operasi (Ops Karo) Polda Jatim (Polda Jatim) Kombes Puji Santosa mengatakan, pengamanan mengacu pada Peraturan Polisi (Perpol) No. 10 Tahun 2022 tentang Pengamanan Olahraga untuk pengamanan maksimal pertandingan olahraga termasuk sepak bola. cocok

“Total ada 2.721 petugas yang bertugas, secara keseluruhan petugas sudah disebar untuk melakukan pengamanan dan penyisiran sebelum penonton masuk, untuk memastikan semuanya jelas,” ujarnya seperti dikutip Antara, Rabu (14/6).

Perwira gabungan terdiri dari Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri), Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Pengawas dan unsur pemerintah daerah (Pemda).

Selain itu, kata dia, pihaknya mengimbau penonton untuk tidak membawa barang-barang terlarang, salah satunya suar yang dilarang oleh Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) dan FIFA.

“Yang jelas kami mengimbau penonton untuk tidak membawa flare dan barang-barang terlarang lainnya, apalagi ini merupakan pertandingan persahabatan yang menjadi agenda FIFA, agar tidak terjadi insiden yang tidak diinginkan nantinya,” ujarnya.

Namun, seperti yang diharapkan, saat penonton masuk, itu masih akan diperiksa dengan benar.

“Mereka akan diperiksa oleh petugas kami terutama di tempat-tempat yang mungkin tidak terdeteksi seperti di jajanan atau makanan dan mudah-mudahan tidak ada barang yang dilarang masuk ke dalam stadion,” ujarnya.

Tak hanya itu, lanjutnya, usai upacara pengamanan, sejumlah petugas menyisir lapangan dan berdiri untuk memastikan keamanan di dalam stadion.

“Kami melakukan penyisiran di dalam stadion, memeriksa kursi dan sudut stadion di mana benda-benda seperti suar berpotensi ditempatkan,” katanya.

Kombes Pol Puji berharap segala upaya pengamanan yang dilakukan petugas secara bersama-sama dapat membuat pertandingan antara Timnas Indonesia melawan Palestina berjalan lancar.

“Semua kita lakukan dengan harapan semua berjalan lancar dan terkendali,” ujarnya.

Laga antara Timnas Indonesia melawan Palestina sendiri dijadwalkan akan dimulai malam ini pukul 19.30 WIB.

Lima hari lagi, skuat Garuda akan kembali menghadapi pertandingan FIFA Match Day melawan juara dunia, Timnas Argentina di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta.