Peringkat pemain saat USWNT mengalahkan Zambia dalam pertandingan pertama Olimpiade Paris 2024

by

USWNT tetap tak terkalahkan di bawah asuhan Emma Hayes saat Stars and Stripes memulai kampanye Olimpiade Paris 2024 mereka dengan kemenangan 3-0 atas Zambia.

Itu Tim Nasional Wanita AS datang ke Olimpiade Paris 2024 sebagai salah satu favorit untuk memenangkan seluruh turnamen. USWNT telah menemukan banyak keberhasilan di Olimpiade sebelumnya, memenangkan rekor empat medali emastetapi Stars and Stripes belum pernah memenangkan hadiah utama Olimpiade sejak 2012. Dalam pertandingan pertama mereka musim panas ini, skuad Emma Hayes berharap untuk mendapatkan awal yang kuat melawan Zambia dalam pertandingan pertama Grup B mereka.

Bagaimana permainan itu berlangsung

Timnas AS mendominasi permainan sejak kick off, dan gol awal terasa tak terelakkan, terutama setelah tendangan Lindsey Horan membentur mistar gawang pada menit ke-14. Namun, Trinity Rodman yang berhasil memecah kebuntuan bagi AS hanya tiga menit kemudian. Sophia Smith berlari ke sisi kiri sebelum menemukan Lindsey Horan, yang mengumpan bola kepada Rodman untuk mencetak gol pembuka pertandingan.

Gol pertama membuka keunggulan. Horan, dengan banyak waktu dan ruang, mengumpan bola indah ke Mallory Swanson, yang melepaskan tembakan kaki kiri dari jarak 12 yard. Hanya semenit kemudian, sang penyerang mencetak gol keduanya dengan mengecoh kiper lawan dan menyelesaikannya dengan mudah untuk membawa AS unggul 3-0. Keadaan semakin buruk bagi Zambia ketika Pauline Zulu dikeluarkan pada menit ke-30 karena menjatuhkan Smith yang sedang berlari kencang di depan gawang.

Meskipun USWNT memiliki banyak peluang di akhir babak pertama dan sepanjang babak kedua, mereka kesulitan mencetak gol keempat. Hayes memang menggantikan penyerang terbaik AS, termasuk Smith, Swanson, dan Rodman, atau tiga penyerang tangguh itu pasti akan menambah skor.

Meski tanpa gol lagi, AS tetap menyelesaikan pertandingan dan meninggalkan Stade de Nice dengan tiga poin.

Trinity Rodman dan Mallory Swanson

Mallory Swanson dan Trinity Rodman memberi AS keunggulan awal 3-0. / Brad Smith/ISI/GettyImages

GK: Alyssa Naeher – 6/10 – Naeher tidak banyak berbuat banyak malam ini, tetapi tampil menawan menghadapi beberapa peluang Zambia.

RB: Emily Fox – 6/10 – Fox tidak diminta berbuat banyak melawan Zambia, tetapi ada kalanya ia kesulitan untuk mengimbangi kecepatan Barba Banda.

CB: Naomi Girma – 6/10 – Girma memimpin lini belakang AS meraih clean sheet kelima mereka di bawah asuhan Emma Hayes.

CB: Tierna Davidson – 6/10 – Davidson menikmati malam yang tenang di lini belakang berkat dominasi timnya dalam penguasaan bola.

LB: Kristal Dunn – 6/10 – Dunn mendapat kesempatan menggantikan Jenna Nighswonger, dan berhasil menunjukkan kepada manajernya ketenangan dan pengalaman yang dibawanya ke sayap kiri. Namun, ia gagal menyundul bola di menit-menit akhir pertandingan, sehingga AS mencetak gol keempat mereka.

CM: Mawar Lavelle – 6/10 – Lavelle bekerja sama dengan baik dengan Horan dan Swanson untuk menciptakan peluang berbahaya, dan selalu terlihat nyaman dengan bola di kakinya.

CM: Lindsey Horan – 7/10 – Horan akan kecewa karena tidak mencetak gol malam ini, tetapi dia menebusnya dengan dua assist.

CM: Samantha Coffey – 6/10 – Coffey tampil apik dalam membantu timnya mempertahankan penguasaan bola dan mengendalikan tempo pertandingan, terutama saat Zambia bermain dengan sepuluh pemain.

RW: Trinity Rodman – 7/10 – Rodman mencetak gol pertamanya pada tahun kalender itu dalam debut Olimpiade-nya untuk membawa AS menang.

ST: Sophia Smith – 7/10 – Sophia Smith mungkin tidak berhasil mencetak gol, tetapi pemain berusia 23 tahun itu berperan penting dalam gol pembuka dan gol ketiga AS. Ia digantikan setelah mengalami cedera pada babak pertama.

LW: Mallory Swanson – 8/10 – Swanson menjadi pemain terbaik AS malam ini, mencetak dua gol dalam waktu dua menit. Ia seharusnya mencetak tiga gol jika saja mistar gawang tidak mengenainya.

Pengganti

Pengganti: Lynn Williams – 5/10 – Williams masuk menggantikan Smith yang cedera, dan memiliki beberapa peluang pada babak kedua, namun gagal diselesaikan.

SUB: Korbin Albert – 6/10 – Albert tampil sebagai pemain pengganti terbaik, menggunakan kemampuan bermainnya untuk membawa AS ke posisi utama untuk mencetak gol.

Pengganti: Casey Krueger – 5/10 – Krueger bermain tenang selama 25 menit malam ini, tetapi ia berhasil bangkit melawan serangan balik cepat Zambia.

Pengganti: Jenna Nighswonger – 5/10 – Nighswonger mungkin berharap untuk menjadi pemain inti malam ini, tetapi bek kiri ini hanya bermain selama 25 menit terakhir pertandingan.

Pengganti: Emily Sonnett – 5/10 – Sonnett membantu AS mengatur akhir permainan.

Pengelola

Emma Hayes – 7/10 – Tentu saja, USWNT diperkirakan akan mengalahkan Zambia, jadi Emma Hayes tidak akan menerima banyak pujian atas hasil malam ini. Meskipun demikian, para penggemar akan gembira melihat AS kembali mencetak gol setelah beberapa kali tersandung dalam pertandingan pemanasan Olimpiade.

Penampilan Stars and Stripes yang kuat dan tepat malam ini membuat Hayes memperoleh kemenangan kompetitif pertamanya sebagai pelatih, dan akan memberi AS banyak momentum menjelang pertandingan mereka melawan Jerman pada tanggal 28 Juli. Akan tetapi, akan dibicarakan bahwa AS tidak dapat mencetak gol keempat melawan sepuluh wanita selama lebih dari 60 menit.