Pemain Uruguay terbaik sepanjang masa

by

Pemain Uruguay terbaik sepanjang masa telah menghasilkan trofi utama bagi La Celeste, termasuk Piala Dunia 1950 dan beberapa Copa America.

Uruguay mungkin tidak memiliki banyak kesuksesan selama dekade terakhir, namun negara kecil ini telah mendominasi dunia sepak bola di masa lalu, memenangkan rekor 15 Piala Dunia. Piala Amerikaserta dua Piala Dunia. Legenda terbesar Tim Nasional Uruguay semuanya tampil luar biasa untuk klub dan negara, sehingga mereka memperoleh tempat permanen dalam sejarah Uruguay yang kaya.

Berikut rincian lima pemain terbaik La Celeste.

5. Enzo Fransiscoli

Nicolas Leoz (I), Presiden Konfederasi Selatan

Enzo Francescoli memenangkan tiga Copa America untuk Uruguay. / ALEJANDRO PAGNI/GettyImages

Enzo Francescoli adalah salah satu dari sedikit pemain yang meraih tiga gelar Copa America (1983, 1987, dan 1995), yang berkontribusi terhadap rekor Uruguay dengan total 15 kemenangan. El Principe memenangkan Penghargaan Pemain Terbaik Copa America pada turnamen 1983 dan 1995, yang mengukuhkan warisannya bagi La Celeste.

Francescoli pensiun dari tim nasional dengan 73 caps dan 17 gol.

4. Diego Forlan

Diego Forlan

Diego Forlan membawa Uruguay di Piala Dunia 2010. / Joern Pollex/GettyImages

Diego Forlan tampil sebagai salah satu pemain terbaik La Celeste abad ini di Piala Dunia 2010. Pemain depan ini memenangkan Bola Emas di turnamen tersebut meskipun Uruguay berada di posisi keempat, dan juga menjadi pencetak gol terbanyak bersama dengan lima gol. Ia kemudian mencetak dua gol melawan Paraguay di final Copa America 2011, membantu timnya memenangkan turnamen tersebut untuk ke-15 kalinya.

Forlan juga menorehkan prestasi di klubnya, memenangkan Liga Primer bersama Manchester United sebelum pindah ke La Liga. Pemain Uruguay tersebut memenangkan Pichichi dua kali, dan juga mengangkat trofi Liga Europa bersama Atletico Madrid.

3. Juan Alberto Schiaffino

Juan Alberto Schiaffino

Schiaffino mencetak gol penyeimbang di final Piala Dunia 1950 untuk Uruguay. / Keystone/GettyImages

Juan Alberto Schiaffino mungkin adalah playmaker paling berbakat di La Celeste. Ia merupakan bagian penting dari kemenangan Uruguay di Piala Dunia 1950, mencetak gol penyeimbang melawan Brasil di final sebelum Ghiggia mencetak gol kemenangan. Schiaffino juga memiliki karier legendaris di AC Milan, memenangkan tiga kejuaraan Italia berturut-turut bersama Rossoneri.

Satu-satunya alasan mengapa ia tidak menduduki peringkat lebih tinggi dalam daftar kami adalah karena pemain Uruguay itu hanya memiliki 21 caps bersama La Celeste sebelum ia mulai mewakili tim nasional Italia.

2. Luis Suarez

Luis Suarez

Luis Suarez adalah pencetak gol terbanyak sepanjang masa untuk Uruguay. / Michael Reaves/GettyImages

Luis Suarez adalah pencetak gol terbanyak Uruguay sepanjang sejarah. Pemain bernomor punggung 9 ini mencetak gol terbanyak untuk La Celeste dengan 68 gol, dan membantu Uruguay meraih satu-satunya gelar utama abad ini lewat penampilannya di Copa America 2011. Suarez mencetak dua gol di semifinal melawan Peru dan kemudian gol pembuka di final melawan Paraguay.

Lemari trofi Suarez juga berisi trofi dari waktunya di klub-klub terbesar Eropa, termasuk Liverpool, Barcelona, ​​dan Atletico Madrid, serta penghargaan Pichichi dari 40 golnya di musim La Liga 2015/16.

1. Obdulio Varela

Foto klub sepak bola Uruguay yang tidak bertanggal

Obdulio Varela adalah kapten Uruguay yang memenangkan Piala Dunia. / AFP/Getty Images/GettyImages

Obdulio Varela adalah kapten Uruguay di Piala Dunia 1950, dan tanpa kepemimpinannya, Uruguay mungkin tidak akan pernah bisa mengalahkan Brasil. Pidato legendaris Varela sebelum pertandingan dan kehadirannya di lini tengah menenangkan timnya dan membuat mereka yakin.

Meskipun kariernya di klub tidak sehebat pemain Uruguay lainnya, sang kapten pantas mendapatkan pujian karena membawa negaranya ke Piala Dunia kedua. Faktanya, Uruguay tidak pernah kalah dalam pertandingan Piala Dunia saat Varela berada di lapangan.