Mikel Arteta membuat keputusan tentang masa depan Arsenal menjelang berakhirnya kontrak

by

Mikel Arteta dikabarkan telah menyetujui persyaratan dengan Arsenal mengenai kontrak baru yang berlaku hingga 2027.

Kontrak pelatih asal Spanyol saat ini di ruang ganti Stadion Emirates akan berakhir pada akhir musim ini, yang menimbulkan pertanyaan di beberapa kalangan mengenai komitmennya dan klub terhadap proyek mereka saat ini.

Namun, Atletik melaporkan perpanjangan kontrak Arteta sudah dilakukan, dan pengumuman resmi menyusul akan mengakhiri spekulasi mengenai masa depannya.

Arteta telah memberikan dampak transformatif pada Arsenal sejak kembali ke klub sebagai pelatih kepala menjelang akhir tahun 2019, memimpin tim Gunners yang sedang berjuang meraih Piala FA selama musim pertamanya bertugas.

Mikel Arteta

Arteta membawa Arsenal menjuarai Piala FA pada tahun 2020 / Catherine Ivill/GettyImages

Pada musim panas 2020, jabatan Arteta diubah dari pelatih kepala menjadi manajer, meskipun harapan di lapangan dalam jangka pendek sempat membara setelah mencatat finis di posisi kedelapan berturut-turut di Liga Premier.

Namun selama tiga tahun berikutnya, Gudang senjata kembali membuktikan diri sebagai salah satu tim terbaik Inggris.

Mereka hanya tergeser ke posisi keempat dan kembali ke Liga Champions UEFA pada 2021/22 oleh rival sekota Tottenham Hotspur, sebelum berupaya keras meraih gelar juara pada tahun berikutnya. Meskipun memimpin klasemen selama 248 hari di musim ini – jumlah rekor tanpa benar-benar memenangkan Liga Premier – mereka dikalahkan ke posisi puncak oleh Manchester City.

Musim lalu, harapan Arsenal untuk meraih gelar juara berada di ujung tanduk karena mereka hanya finis satu poin di belakang City, yang bangkit untuk meraih gelar liga keempat berturut-turut – tim pertama yang melakukannya dalam sejarah Inggris.

Selain penampilannya di lapangan, Arteta juga dipuji, bersama dengan direktur olahraga Edu, atas peningkatan nyata Arsenal dalam perekrutan pemain dalam beberapa tahun terakhir.

BACA BERITA ARSENAL TERBARU, RUMOR TRANSFER & GOSSIP