Membedah Langkah Timnas Indonesia untuk Lolos ke 16 Besar Piala Asia 2023 – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, sudah menyusun strategi untuk membawa timnya melaju ke babak 16 besar Piala Asia 2023.

Meski Timnas Indonesia terpuruk di Grup D yang sulit di mana Garuda dinilai hanya berpeluang tipis untuk lolos, Shin Tae-yong tetap optimis.

Hin Tae-yong yakin bisa mengambil langkah tertentu agar timnya bisa meraih kemenangan dan melaju ke babak berikutnya. Apa rincian skenarionya?

Meraih Satu Kali Imbang dan Satu Kemenangan

Shin Tae-yong tampak optimis jelang penyisihan grup Piala Asia 2023 (pssi.org)

Shin Tae-yong menegaskan targetnya yakni membawa Timnas Indonesia ke babak 16 besar sekaligus mengungkapkan bahwa dirinya telah menyusun skenario untuk mencapai tujuan tersebut.

“Saya berharap bisa meraih setidaknya satu hasil imbang dan satu kemenangan di babak penyisihan grup. Vietnam harus kalah, dan Irak setidaknya harus meraih hasil imbang,” ujarnya kepada Sports Seoul.

Timnas Indonesia berencana menang atas Vietnam dan berusaha keras menahan imbang Irak, sebelum tampil apik melawan Jepang.

Dalam skenario tersebut, Shin Tae-yong diharapkan bisa mengantarkan skuad Garuda lolos ke fase knockout setidaknya melalui jalur peringkat ketiga terbaik.

Ia menyadari Jepang berada di level yang berbeda, namun dengan percaya diri ia menyatakan Asnawi Mangkualam dan rekan-rekannya berpeluang memberikan kejutan.

“Itu tidak mudah, tapi saya berencana membuat mereka kesal. Saya rasa kita bisa membuat kejutan jika kita sendiri tidak melakukan kesalahan,” ujarnya.

Kesalahan harus diminimalkan

Pemain Timnas Indonesia saat latihan (pssi.org)
Pemain Timnas Indonesia saat latihan (pssi.org)

Saat uji coba jelang Piala Asia 2023 melawan Libya dan Iran, Timnas Indonesia kerap terjebak dalam kesalahan hingga berujung kekalahan beruntun.

Shin Tae-yong berharap di Qatar, timnya bisa menghindari kesalahan tersebut dan membuka peluang lebih besar untuk lolos ke babak 16 besar.

Diketahui, Timnas Indonesia kalah 0-4 dan 1-2 dari Libya pada laga uji coba di Turki pada 2 dan 5 Januari, sebelum dikalahkan Iran dengan lima gol tanpa balas pada 9 Januari di Doha, Qatar.

Kontributor: Imadudin Robani Adam