Melihat Peluang Wakil ASEAN di Piala Asia U-23 2024: Timnas Indonesia Bisa Apa? – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Timnas Indonesia dan wakil ASEAN lainnya bersiap menghadapi Piala Asia U-23 2024 yang dijadwalkan berlangsung pada 15 April hingga 3 Mei 2024 di Qatar. Berikut peluang negara-negara Asia Tenggara dalam ajang ini.

Timnas U-23 Indonesia tergabung di Grup A Piala Asia U-23 2024 bersama tuan rumah Qatar, Australia, dan Yordania.

Ini merupakan kesempatan pertama Garuda Muda melaju ke final ajang utama tingkat kelompok umur ini setelah lolos sebagai juara Grup K di babak kualifikasi.

PSSI memberi target kepada pelatih Shin Tae-yong untuk membawa Timnas U-23 Indonesia minimal lolos ke fase gugur atau delapan besar.

Namun, Shin Tae-yong punya target lebih tinggi yakni mengantarkan Garuda ke babak semifinal yang menjadi syarat lolos ke Olimpiade Paris 2024.

Baca juga: Karma! Tolak Timnas Indonesia, Andri Syahputra kini ‘diusir’ Qatar

Tujuan mulia itu diwujudkan Shin Tae-yong dengan syarat bisa tampil pemain-pemain terbaik Timnas U-23 Indonesia seperti Marselino Ferdinand, Ivar Jenner, Justin Hubner, dan Elkan Baggott.

Merujuk pada Piala Asia U-23 2024 yang tidak masuk dalam kalender jeda internasional FIFA, Timnas Indonesia diprediksi akan kesulitan memanggil pemain-pemain kunci yang tampil di dalam dan luar negeri.

Jika pemain Shin Tae-yong gagal masuk skuad, bukan tidak mungkin Timnas U-23 Indonesia akan kesulitan meraih hasil bagus di ajang tersebut.

Peluang Tim ASEAN Lainnya

Pemain Timnas U-23 Vietnam. [doc. web SEA Games]

Selain Timnas Indonesia, perwakilan ASEAN yang hadir pada ajang ini adalah Vietnam, Malaysia, dan Thailand. Seberapa besar peluang mereka untuk sukses di ajang ini?

Vietnam menjadi salah satu tim ASEAN yang dinilai punya kekuatan untuk melaju jauh di ajang ini. Catatan masa lalu membuktikannya, mereka bahkan mampu menjadi runner-up pada tahun 2018 lalu.

Meskipun terdapat tantangan pada tahun 2020 dan 2022, B-23 Vietnam tetap menjadi kekuatan yang harus diperhitungkan.

Mereka lolos ke putaran final Piala Asia U-23 Qatar 2024 setelah memimpin Grup C dengan tujuh poin.

Baca juga: Tak Ditanggapi FIFA, Kasus Maarten Paes menimpa Borna Sosa di Timnas Jerman

Sementara Malaysia U-23 akan tampil untuk ketiga kalinya di Piala Asia U-23 edisi 2023.

Pada tahun 2018, bersama Vietnam, mereka menjadi negara ASEAN pertama yang mencapai babak delapan besar, meski kalah di perempat final dari Korea Selatan.

Meski mencatatkan performa kurang memuaskan di tahun 2022, namun hasil positif di tahun 2018 bisa menjadi motivasi bagi Harimau Malaya untuk tampil gemilang di tahun ini.

Khusus Thailand U-23, bersama Vietnam, mereka menjadi negara ASEAN yang paling sering tampil di Piala Asia U-23, edisi tahun ini menjadi kesempatan kelima.

Thailand sebagai tuan rumah tahun 2020 mampu melaju ke fase gugur setelah finis kedua di belakang Australia di fase grup.

Sayangnya, kiprah mereka langsung terhenti di babak perempat final setelah kalah 1-0 dari Arab Saudi.

Pada Piala Asia U-23 2024, Thailand satu grup bersama Irak U-23, Arab Saudi U-23, dan Tajikistan U-23.

Melihat peta persaingan, ini akan menjadi tantangan berat bagi tim Gajah Perang dalam misinya lolos lagi ke fase knockout Piala Asia U-23.

Kontributor: Imadudin Robani Adam