Media Vietnam Bantu Analisa Kekurangan Timnas Indonesia Jelang Piala Asia 2023, Finishing Faktor Utama Evaluasi – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Timnas Indonesia asuhan Shin Tae-yong sukses melewati dua laga uji coba melawan Libya sebagai persiapan jelang Piala Asia 2023.

Pertemuan melawan Libya membuat timnas Indonesia dua kali kalah, menghadapi kendala berarti menghadapi tim kuat tersebut.

Hasil laga pertama menunjukkan dominasi Libya yang berhasil mengalahkan Timnas Indonesia dengan skor 4-0.

Para pemain Timnas Indonesia merayakan keberhasilan usai menjebol gawang Libya (pssi.org)

Meski Timnas Indonesia sempat unggul 1-0 lewat gol cepat Yakob Sayuri pada menit keenam leg kedua, namun kedudukan tak mampu dipertahankan hingga akhir pertandingan, Libya berhasil mengamankan kemenangan 2-1.

Dua kekalahan beruntun tersebut langsung menyita perhatian media Vietnam, khususnya Soha yang merupakan salah satu lawan timnas Indonesia di grup Piala Asia 2023.

Soha konsisten menyoroti perkembangan Timnas Indonesia asuhan Shin Tae-yong. Dalam pemberitaannya, media Vietnam menyoroti kelemahan Timnas Indonesia saat menghadapi Libya.

Media Vietnam menilai Libya menggunakan strategi yang sama seperti laga pertama melawan timnas Indonesia.

Sama seperti pertandingan sebelumnya, tim Libya setelah unggul, proaktif bermain dengan tempo lebih lambat, tulis Soha.

Pendekatan tersebut, menurut media Vietnam, justru memberikan keunggulan bagi timnas Indonesia dalam penguasaan bola dan perencanaan serangan.

Namun, Soha mengkritik ketidakmampuan tim besutan Shin Tae-yong memanfaatkan peluang mencetak gol ke gawang Libya.

Salah satu aspek yang disorot media Vietnam adalah persoalan eksekusi akhir pemain Timnas Indonesia di kotak penalti lawan.

Banyak situasi di mana tim Indonesia menguasai bola dengan lancar, namun saat sampai di depan kotak penalti lawan, handlingnya buruk, lanjut Soha.

Selain itu, perhatian khusus juga diberikan pada masalah fisik dan kecepatan para pemain Timnas Indonesia yang dinilai jauh di bawah Libya.

Menghadapi kritik tersebut, Shin Tae-yong dihadapkan pada tugas mengatasi masalah fisik sang pemain.

Karena Piala Asia 2023 akan berlangsung di Qatar dalam lingkungan yang berbeda, ketahanan fisik para pemain menjadi hal yang mendasar.

Lawan seperti Irak yang sebelumnya berhasil mengalahkan Timnas Indonesia secara meyakinkan di kualifikasi Piala Dunia 2026 patut mendapat perhatian khusus.

Namun satu ujian tersisa menanti timnas Indonesia yakni melawan Iran sebelum Piala Asia dimulai. Timnas Indonesia perlu segera menyikapi catatan negatif yang diberikan media Vietnam dan meningkatkan performanya agar bisa tampil maksimal di turnamen besar mendatang.