Lolosnya Timnas Indonesia ke 16 Besar Piala Asia Bisa Ditolong 2 Negara Ini – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Timnas Indonesia bisa lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023 dengan “bantuan” tim lain. Namun ada beberapa syarat yang harus dipenuhi.

Langkah Timnas Indonesia untuk bisa pertama kali menginjakkan kaki di fase gugur Piala Asia kini cukup terbuka usai mengalahkan Vietnam di laga kedua Grup D.

Koleksi tiga poin Skuad Garuda membuat mereka untuk sementara masuk empat besar tim di peringkat ketiga. Di bawah Palestina, Suriah dan Bahrain.

Timnas Indonesia sebenarnya bisa lolos ke babak 16 besar jika berhasil mengalahkan Jepang pada laga ketiga Grup D, Rabu (24/1/2024) malam WIB.

Selain menang, hasil imbang juga masih berpeluang besar untuk lolos ke babak 16 besar. Sementara kekalahan Jepang bisa membuat Indonesia tetap lolos namun harus bergantung pada tim lain.

Dengan demikian, ada beberapa tim yang bisa membantu Timnas Indonesia lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023.

1. Kirgistan

Kyrgyzstan akan menghadapi Oman pada laga terakhir Grup F pada Kamis (25/1). Kyrgyzstan saat ini berada di posisi terbawah klasemen setelah menderita dua kekalahan, sedangkan Oman berada di urutan ketiga dengan satu poin.

Kyrgyzstan bisa membantu Indonesia lolos ke babak 16 besar dengan menyamakan kedudukan Oman dengan hasil imbang. Jika tercapai hasil imbang, maka poin maksimal Kyrgyzstan hanya 1 poin dan Oman 2 poin.

Jika Indonesia kemudian kalah dari Jepang, koleksi tiga poin masih bisa membawa Sandy Walsh dan kawan-kawan lolos menjadi salah satu peringkat ketiga terbaik.

2. Yordania

Tim lain yang bisa membantu Timnas Indonesia lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023 adalah Yordania. Mereka saat ini duduk di peringkat pertama Grup E dengan 4 poin.

Di final mereka akan menghadapi Bahrain yang berada di peringkat ketiga dengan 3 poin. Untuk “membantu” Timnas Indonesia lolos ke babak 16 besar, Yordania harus mengalahkan Bahrain.

Jika Bahrain dan Timnas Indonesia sama-sama kalah di laga terakhir grup, lalu Kyrgyzstan dan Oman bermain imbang, maka Bahrain dan Indonesia bisa lolos ke babak 16 besar melalui peringkat ketiga terbaik.

Kontributor: Aditia Rizki