Liga Indonesia Mau Jadi Industri, Erick Thohir: Adanya VAR Sangat Penting! – Berita Hiburan

by

Pahami.id – General Manager PSSI, Erick Thohir mengatakan, keberadaan Video Assistant Referee (VAR) di Liga 1 akan membuat industri sepak bola tanah air semakin berkembang.

Erick Thohir mengatakan hal itu usai PT Liga Indonesia Baru (LIB) yang merupakan operator Liga 1 dan PSSI menggelar uji coba penerapan VAR tahap ketiga di Padang JSI, Megamendung, Bogor, Sabtu (17/2/2024) kemarin. .

“Bagi saya, dengan penggunaan VAR, kualitas liga akan lebih baik. Dengan begitu, industri sepak bola kita juga menjadi lebih baik, kata Erick Thohir dalam keterangan resminya, Minggu (18/2/2024).

BACA JUGA: Timnas Indonesia Kiprah Pemain Luar Negeri: Ivar Jenner dan Sandy Walsh Hadiri Kemenangan, Elkan Baggott Siap Membantu

“Pemain akan lebih baik dalam bermain. Dia tahu semuanya sudah dijaga dengan baik,” sambung pria berusia 53 tahun itu.

Pada tahap uji coba, delapan kamera dipasang di berbagai titik di lapangan selama pertandingan Klub Sekolah Sepak Bola (SSB) setempat.

Selama uji coba, wasit dan asisten wasit juga melakukan simulasi operator replay yang digunakan sebagai pertimbangan dalam pengambilan keputusan penting.

Hal ini mencakup penentuan gol legal atau ilegal, peninjauan penalti atau non-penalti, kemungkinan pelanggaran yang berpotensi menghasilkan kartu kuning atau merah, dan kesalahan identifikasi oleh wasit atau hakim garis.

Sementara itu, dalam audiensi, Direktur Utama PT LIB Ferry Paulus mengatakan seluruh peralatan yang diuji sama persis dengan yang digunakan pada Piala Dunia U-17 2023 di Indonesia akhir tahun lalu.

“Intinya hari ini kalau kita lihat dimulai dari penyangganya. “Alat peraga yang diperagakan atau kita pakai sekarang, mulai dari simulator, lalu semua perlengkapan yang kita punya sama dengan yang kita beli yang juga dipakai di Piala Dunia U-17 kemarin (2023). ,” kata Feri. .

Wakil Ketua PSSI Ratu Tisha mengungkapkan VAR sudah bisa digunakan saat Liga 1 memasuki babak Championship Series pada 4-26 Mei 2024.

BACA JUGA: Mau TC di Indonesia karena Rekomendasi STY, Pelatih Suwon FC: Tapi Cuaca Panas, Pemain Cepat Lelah

Tisha menjelaskan, saat ini penerapan VAR masih perlu melalui beberapa tahapan, salah satunya tahap persetujuan akhir dan evaluasi wasit dan asisten wasit VAR yang diberikan FIFA.

“Untuk pengerjaannya masih menunggu persetujuan dari FIFA sebagai penilaian akhir bagi mereka (wasit) untuk kemudian melakukan pertandingan uji coba. Rencananya FIFA akan berada di sini antara tanggal 1 hingga 8 Maret untuk melihat kesiapan akhir latihan grup 1 ( wasit),” kata Tisha.