LIB Pastikan Tak Ada Keluhan dari Klub Liga 1 Pakai Enam Pemain Asing – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB) memastikan tidak ada komplain dari peserta terkait penggunaan enam pemain asing di Liga 1 2023/2024. Kebijakan ini dilakukan sebagai salah satu cara untuk meningkatkan kualitas persaingan.

Bahkan bisa dibilang ini jauh berbeda dengan musim-musim sebelumnya. Kali ini, setiap klub bisa merekrut enam pemain asing dengan rincian lima bebas dari mana saja, sedangkan satu orang harus memiliki paspor Asia Tenggara.

Sedangkan musim lalu, masing-masing klub menggunakan empat pemain asing, salah satunya dari Asia. Kebijakan ini diakui Ferry Paulus sesuai dengan surat edaran terbaru Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC).

Direktur Utama PT LIB Ferry Paulus (Pahami.id/Adie Prasetyo Nugraha)

Nah, situasi ini disebut-sebut merugikan pemain lokal. Namun, mantan petinggi Persija Jakarta itu berpendapat lain karena persaingan akan semakin ketat.

“Sebenarnya kalau melihat target pencapaian, di Inggris kita lihat pemain lokal tinggal satu. Padahal transfer ilmu dari pemain asing memang harus kita tingkatkan,” kata Ferry Paulus di Fairmont Hotel, Jakarta, Jumat (26/5/2023) ).

“Dengan jumlah mereka yang banyak ini, diharapkan banyak belajar. Bahkan, persaingan semakin kuat. Jika dulu hanya 60 kompetisi, sekarang bisa 90 bahkan 100 persen masuk skuat, ” dia menambahkan.

Pria yang akrab disapa FP ini mengatakan tidak ada keberatan dari klub peserta. Pasalnya, sudah ada kesepakatan yang sudah dilaksanakan sebelumnya yang juga dihadiri Ketua Umum PSSI Erick Thohir.

“Karena ini diawali dari presentasi bersama di workshop terus berlanjut dan kami terus berkomunikasi dengan pihak klub,” jelas Ferry.

“(Pemain asing) bisa semua (bermain). Karena aturan baru di AFC lima tambah satu, satu-satunya di Asia. Lebih spesifik, satu-satunya di ASEAN,” pungkasnya.