Korea Selatan Susah Payah Singkirkan Australia, Tantang Yordania di Semifinal – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Korea Selatan mengamankan satu tempat ke babak semifinal Piala Asia 2023 usai mengalahkan Australia di babak perempat final, Sabtu (3/2/2024) dini hari WIB.

Pada laga yang berlangsung di Stadion Al Janoub, Al Wakrah, Qatar, Korea Selatan membutuhkan perpanjangan waktu untuk mengalahkan Australia dengan skor 2-1 dan melaju ke babak semifinal Piala Asia 2023.

Korea mendominasi permainan sejak awal babak pertama sehingga menyulitkan Australia membangun serangan.

Gelandang Korea Selatan Son Heung-min merayakan golnya ke gawang Australia pada perempat final Piala Asia 2023 di Stadion Al-Janoub di al-Wakrah, selatan Doha, pada 2 Februari 2024.Giuseppe CACACE / AFP

Baca Juga: Timnas Indonesia Bakal Jadi Tuan Rumah Tes Jelang Piala Asia U-23 2024, Pratinjau 3 Laga

Australia yang mengandalkan serangan balik justru mendapat peluang emas pada menit ke-19. Namun eksekusi rebound Conor Metcalfe hanya tipis di sisi gawang.

Korea mencetak gol pada menit ke-32. Umpan Seol Young-woo ditepis oleh Hwang Hee-chan di depan gawang. Namun wasit asal Oman Ahmed Abu Bakar menganulir gol tersebut karena sang pemain berada dalam posisi offside saat menerima bola.

Australia sebenarnya mampu mencuri gol di penghujung babak pertama, berawal dari kesalahan Hwang In-beom, Craig Goodwin berhasil membawa timnya unggul 1-0 atas Korea Selatan.

Pertandingan berjalan lebih seimbang di babak kedua. Korea tak lagi mendominasi laju pertandingan.

Australia bahkan mendapat dua peluang emas melalui Martin Boyle. Namun kiper Jo Hyeon-woo mampu mengatasi dua peluang tersebut pada menit ke-53.

Pada menit ke-60 giliran Korea yang mengancam. Hanya saja usaha Hwang Hee-chan masih bisa digagalkan oleh Mathem Ryan.

Saat kemenangan sudah di depan mata, Australia mendapat hadiah penalti setelah Lewis Miller melakukan pelanggaran terhadap Son Heung-min pada menit ke-90+4.

Hee-chan maju sebagai eksekutor dan berhasil menjalankan tugasnya untuk membuat skor menjadi 1-1 sehingga pertandingan harus dilanjutkan ke perpanjangan waktu.

Korea akhirnya mampu membalikkan keadaan pada menit ke-104. Tendangan bebas berkelas Son di dekat kotak penalti gagal diblok Mathew Ryan. Skor menjadi 2-1.

Australia yang berusaha menyamakan kedudukan justru berada dalam situasi yang semakin sulit. Mereka harus bermain dengan 10 orang karena Aiden O’Neill mendapat kartu merah oleh wasit setelah melakukan pelanggaran terhadap Hee-chan saat berebut bola.

Korea memanfaatkan keunggulan jumlah pemainnya untuk memperbesar keunggulan, namun beberapa peluang mereka tidak membuahkan gol hingga berakhirnya babak kedua perpanjangan waktu.

Dengan hasil ini, Korea Selatan dijamin akan menghadapi Jordan di babak semifinal yang dijadwalkan berlangsung Selasa (6/2/2024) sore WIB.

Jordan sendiri berhasil mendapatkan tiket semifinal usai menang tipis 1-0 atas Tajikistan.

Berbaris

Australia (4-3-3): Mathew Ryan; Nathaniel Atkinson, Kye Rowles, Harry Souttar, Aziz Behich; Conor Metcalfe, Keanu Baccus, Jackson Irvine; Martin Boyle, Mitchell Duke, Craig Goodwin.

Korea Selatan (4-2-3-1): Jo Hyeon-woo; Kim Tae-hwan, Kim Min-jae, Kim Young-gwon, Seol Young-woo; Park Yong-woo, Hwang In-beom; Lee Kang-in, Son Heung-min, Hwang Hee-chan; Cho Gue-sung.