Kemenpora Diminta Evaluasi Berkala Prestasi Pemain Naturalisasi Timnas Indonesia – Berita Hiburan

by

Pahami.id – DPR RI meminta Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) mengevaluasi prestasi atlet atau pemain sepak bola naturalisasi di Timnas Indonesia secara berkala.

“Tolong beri kami peringkat pemain naturalisasi. Bagaimana kabarnya?” kata Anggota Komisi

Kolase foto Jay Idzes dan Nathan Tjoe-A-On. (Instagram)

Pertemuan itu bertujuan untuk mencari dukungan dan persetujuan DPR RI terkait rencana naturalisasi dua pemain sepak bola Belanda, Jay Noah Idzes dan Nathan Tjoe-A-On, untuk memperkuat timnas Indonesia.

Nababan mengatakan naturalisasi pemain seperti ini bukanlah hal baru, seperti halnya naturalisasi pemain sepak bola Belanda Shayne Pattynama dan pemain bola basket.

Ia meminta Kemenpora melaporkan informasi perkembangan prestasi pemain naturalisasi yang sudah disetujui DPR.

“Pemain naturalisasi itu nasibnya bagaimana? Jadi yang saya maksud adalah Kemenpora secara berkala memberikan informasi terkini mengenai prestasi mereka setelah kita menyepakati naturalisasi,” ujarnya seperti dilansir ANTARA.

Setuju, Anggota Komisi

“Jangan begitu, setelah diberikan kewarganegaraan tidak ada evaluasi,” ujarnya.

Ia mengatakan naturalisasi merupakan hal yang lumrah di suatu negara, namun tidak boleh menghalangi pencarian talenta lokal atau dalam negeri.

Upaya pemajuan potensi lokal melalui kompetisi antar desa (tarkam) Kemenpora, kata dia, perlu terus ditingkatkan karena merupakan program yang baik untuk melahirkan atlet-atlet nasional yang unggul.

“Program ini untuk mencari bibit, ada latihan sepak bola, ada voli dan lain-lain, tapi di tengah program ini yang sudah intensif, kemudian pemotongan dan naturalisasi juga kurang bagus. atlet itu tidak menjadi kendur,” tuturnya.

Turut hadir dalam rapat kerja tersebut Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo, Sekjen PSSI Yunus Nusi dan sejumlah kementerian/lembaga.