‘Keberlanjutan permainan wanita sangatlah penting’

by

Permainan profesional wanita telah mengalami salah satu perubahan kepemimpinan terbesar hingga saat ini dan veteran Inggris Fara Williams telah menguraikan apa yang harus tetap menjadi prioritas untuk bergerak maju untuk mempertahankan kesempatan yang sama baik di tingkat profesional maupun akar rumput.

Badan independen baru yang dikenal sebagai Women’s Professional Leagues Limited (WPLL), sebelumnya dikenal sebagai NewCo secara resmi telah mengambil alih tanggung jawab Liga Super Wanita Barclays dan Kejuaraan dari FA.

CEO Nikki Doucet mengonfirmasi saat itu bahwa setiap klub di dua tingkatan teratas akan menjadi pemegang saham di perusahaan baru, sebagai bagian dari misi yang lebih luas untuk mengubah sepak bola wanita.

Sebagai titik awal, WPLL mengambil pinjaman tanpa bunga sebesar £20 juta dari Liga Primertetapi harus memenuhi ambang batas pendapatan untuk melunasinya dalam jangka waktu tertentu.

Meskipun Williams “bersemangat untuk melihat bagaimana visi tersebut terwujud”, ia menekankan perlunya WPLL untuk mewujudkan pola pikir yang sama dengan FA guna memastikan kesempatan yang sama bagi semua pemain sepak bola.

“Di bawah FA, liga selalu aman dan berkelanjutan dan itu penting bagi permainan wanita,” kata Williams 90 menit.

“Saya sangat terlibat dalam sepak bola akar rumput dan anak-anak yang berprestasi, dan jika liga tidak berkelanjutan maka mereka tidak mendapatkan kesempatan yang sama.

“Akan sulit melihat tanggung jawab itu lepas dari FA karena mereka telah menginvestasikan begitu banyak waktu dan upaya untuk menjaga kestabilan tim.

“Namun, sangat menarik untuk melihat apa saja perubahan yang akan dilakukan dalam hal eksposur dan pembukaan jangkauan permainan wanita untuk investasi, yang pada gilirannya akan membantu mengembangkan permainan ini secara finansial bagi para pemain.”

Pertumbuhan dalam permainan wanita meningkat sepuluh kali lipat ketika Lionesses dinobatkan sebagai juara Eropa dua tahun lalu. Para pemain direkrut dari kiri, kanan, dan tengah untuk menjadi bagian dari kesepakatan sponsor yang menguntungkan dan ditunjuk sebagai duta merek yang membuat olahraga tersebut menerima suntikan dana yang besar.

Dan bukan hanya klub WSL saja yang menuai hasilnya. Klub juara London City Lionesses diakuisisi oleh pengusaha Amerika yang sangat sukses, Michele Kang, pada akhir tahun lalu. Ia dikenal karena berinvestasi dalam olahraga tersebut dengan cara yang mengutamakan pengembangan pemain perempuan.

Michele Kang

Michele Kang mengakuisisi London City Lionesses pada akhir tahun lalu / Ira L. Black – Corbis/GettyImages

Setelah meraih kesuksesan dengan klub NWSL Washington Spirit dan klub Prancis Lyon, Kang segera menunjukkan kehadirannya di London City Lionesses dengan mendatangkan manajer Jocelyn Precheur dan merekrut kapten Swedia Kosovare Asllani dalam salah satu pergerakan paling mengejutkan di bursa transfer musim panas.

Meskipun kemajuan telah jelas terlihat, kesenjangan besar masih ada di semua tingkatan sepak bola wanita di negara ini dan masih ada jalan panjang yang harus ditempuh dalam hal pengakuan pendanaan yang dibutuhkan untuk memastikan anak perempuan dan wanita dapat bermain di level non-profesional.

Reading FC Women menjadi berita utama awal tahun ini setelah mengakui kekurangan dana yang membuat mereka harus mundur dari Championship. Williams, yang menghabiskan beberapa hari terakhir bermain profesionalnya di klub yang sama mengatakan 90 menit bahwa meskipun permainan sepak bola wanita telah “menuntut” investasi, masih banyak yang perlu dilakukan untuk menyoroti perjuangan yang dihadapi klub-klub di luar WSL.

“Permainan wanita berada dalam posisi yang fantastis,” jelasnya. “Investasi membuat permainan lebih kompetitif, yang selalu membantu. Memenangkan Euro mempercepat permainan ke posisi di mana merek ingin berinvestasi dan menanamkan uang di dalamnya.

“Ini bagus karena merek tidak hanya berinvestasi di level elit, mereka juga berinvestasi di level akar rumput. Namun, saat ini sulit dalam hal penyiaran. Bahasa Inggris adalah satu-satunya liga yang pertandingannya ditayangkan sementara beberapa pertandingan Championship disiarkan di tempat lain.

“Di bawah level teratas, tidak banyak investasi dan mungkin tidak ada yang tahu tentang apa yang terjadi di tingkatan lain dalam permainan wanita. Kami telah melihat berapa banyak tim wanita dan anak perempuan yang gulung tikar karena klub tidak memiliki cukup dana. Kesulitannya adalah Anda membutuhkan uang untuk menjalankan semua hal ini dan tanpa itu akan menjadi sulit dan saya sendiri tahu itu. Melatih adalah sesuatu yang sangat ingin saya lakukan, tetapi untuk masuk ke sana dan mendapatkan gaji yang dapat membayar tagihan saya sangat sulit dilakukan tanpa pengalaman yang tepat.”

Fara Williams

Fara Williams meresmikan mosaik di Stadion Wembley oleh Kind Snacks /

Awal bulan ini, mitra resmi tim sepak bola Inggris Kind Snacks meluncurkan mosaik setinggi 200 kaki di luar Stadion Wembley, yang menampilkan pemain internasional Inggris dan ratusan masyarakat umum yang menunjukkan kerja keras yang terjadi di balik layar di luar turnamen besar.

Williams mengatakan 90 menit bahwa penting untuk menyoroti “para pahlawan tanpa tanda jasa” ini yang “melakukan banyak hal di tingkat akar rumput untuk mempromosikan permainan wanita.”

BACA BERITA, FITUR & ANALISIS SEPAKBOLA WANITA TERBARU