Kali Ini Timnas Indonesia Masuk 16 Besar, Berikutnya Harus Lebih Tinggi – Berita Hiburan

by

Pahami.id – General Manager PSSI Erick Thohir bersyukur atas keberhasilan Indonesia melaju ke babak 16 besar Piala Asia 2023 dan yakin ke depan tim Indonesia akan meraih prestasi lebih tinggi lagi.

Sepertinya kalau kali ini masuk 16 besar, dan itu sejarah, maka lain kali harus lebih tinggi lagi, kata Erick Thohir yang menyaksikan perjuangan timnas di Qatar, Minggu (28/1/2024). malam seperti dikutip Antara.

Skuad Merah Putih gagal melaju ke babak perempat final Piala Asia Qatar 2023 setelah kalah telak 4-0 dari Australia pada babak 16 besar di Stadion Jassim Bin Hamad, Qatar, Minggu. Namun, dalam pandangan General Manager PSSI, Erick Thohir, banyak hikmah yang didapat untuk meningkatkan kualitas timnas senior ke depan.

Sekjen PSSI Erick Thohir (kedua kanan) bersama Wakil Sekjen PSSI Zainudin Amali (kedua kiri) menyaksikan laga Timnas Indonesia melawan Timnas Australia pada babak 16 besar Piala Asia 2023 di Jassim Bin Stadion Hamad, Doha, Qatar, Minggu (28/1) /2024). ANTARA FOTO/Yusran Uccang/nym.

Artinya, tim yang sebagian besar berusia muda ini sudah empat kali bertanding melawan lawan yang kualitasnya lebih tinggi. Ada pengalaman yang didapat, ada mental yang harus ditingkatkan karena menghadapi tim kuat seperti Jepang, Irak, dan Australia. adalah modal yang bagus, ” kata Eric.

Dalam laga bersejarah bagi Indonesia tersebut, timnas sempat tertinggal 0-2 di babak pertama setelah bek Merah Putih Elkan Baggot mencetak gol bunuh diri pada menit ke-12 dan pemain Australia Boyle menambah gol pada menit ke-45. Tim Kanguru memperbaiki posisinya. jumlah gol di akhir.-akhir babak kedua melalui dua pemain yaitu Goodwin dan Souttar.

Hal utama yang membuat Erick optimistis dengan masa depan tim asuhan Shin Tae-yong adalah karena tim Indonesia tercatat menjadi tim termuda yang mengikuti Piala Asia 2023. Pemain tertua di skuad Indonesia saat ini adalah Jordi Amat, 31 tahun. . Sedangkan pemain termudanya adalah Marcelino Ferdinand dengan usia 19 tahun 2 bulan.

BACA JUGA: Timnas Indonesia Dikalahkan Australia, Skuad Garuda Ambil Tas Pakaian Piala Asia 2023

Berdasarkan data Transfermarkt, rata-rata usia pemain yang bermain untuk timnas Indonesia di Piala Asia 2023 adalah 22,5 tahun per 9 Januari 2024. Vietnam berada di peringkat kedua dengan rata-rata usia pemain 23,3 tahun. Saat itu, pemain asal Jepang itu berusia 23,7 tahun. Setelahnya ada Uzbekistan dengan rata-rata usia pemain 23,9 tahun.

“Modal usia muda dengan tambahan pengalaman di Piala Asia patut menjadi prestasi yang lebih besar di Piala Asia mendatang. Saya berharap kekalahan melawan Australia tidak perlu disesali. Masih ada target prestasi yang harus ditunjukkan kepada para pemain dan pemain. pelatih,” kata Erick.