Jika Ini Terjadi, Timnas Indonesia Makin Sulit Juara Piala AFF? – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Turnamen sepak bola antar negara ASEAN, Piala AFF, kemungkinan akan menghadirkan peserta baru, Kyrgyzstan. Potensi kehadiran mereka mungkin bisa mempengaruhi peluang kemenangan Timnas Indonesia.

Menurut sumber media Vietnam Bongda, Presiden AFF, Samet Khiev, dan Sekretaris Jenderal AFF, Winston Lee, telah bertemu dengan Federasi Sepak Bola Kyrgyzstan (KFU) untuk membahas kemungkinan kehadiran Kyrgyzstan di Piala AFF.

Bongda mengabarkan, AFF dan KFU telah mencapai kesepakatan dan memberikan izin kepada Kyrgyzstan untuk mengikuti Piala AFF.

Namun rincian apakah Kyrgyzstan hanya akan berpartisipasi di Piala AFF senior, kelompok umur, atau keseluruhan, belum diungkap oleh kedua belah pihak.

Kyrgyzstan adalah anggota Asosiasi Sepak Bola Asia Tengah (CAFA) bersama beberapa negara lainnya. Mereka finis keempat di Piala Afrika 2023.

Timnas Kyrgyzstan U-23/U-24 di Kualifikasi Piala Asia U-23 2023. (Instagram/@kfu_kg)

Saat ini, dalam ranking FIFA per 21 September 2023, Kyrgyzstan berada di posisi 96 dengan perolehan 1.228,6 poin.

Kehadiran Kyrgyzstan tak menutup kemungkinan akan membuat persaingan timnas Indonesia di Piala AFF semakin sengit. Pada Asian Games 2022 di China, Timnas U-24 Indonesia menang 2-0 atas Kyrgyzstan U-24.

Di level senior, keduanya bertemu dua kali, dengan hasil satu kali menang dan satu kali kalah untuk timnas Indonesia.

Pada laga terakhir FIFA, Kyrgyzstan kalah 0-1 dari Timnas Filipina di Stadion Al Muharraq, Bahrain, pada 15 Oktober 2023.

Kontributor: Imadudin Robani Adam