Jepang Dibungkam Irak, Kabar Buruk untuk Timnas Indonesia, Simak Alasannya – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Kekalahan Jepang dari Irak di laga hari kedua Grup D Piala Asia 2023 secara tidak langsung menjadi mimpi buruk bagi timnas Indonesia. Apa alasannya?

Jepang yang datang ke Piala Asia 2023 sebagai favorit juara, secara mengejutkan tak berdaya di tangan Irak.

Dalam laga di Education City Stadium, Al Rayyan, Jumat (19/1/2024), Jepang dikalahkan tim berjuluk Mesopotamia Lions dengan skor 2-1.

Baca juga: Hasil Piala Asia 2023: Jepang Malu, Irak Rebut Tiket 16 Besar dari Grup Timnas Indonesia

Irak mengejutkan penonton Jepang setelah mencetak gol cepat setelah pertandingan baru berjalan lima menit. Aymen Hussein yang berhasil menjebol gawang kiper Zion Suzuki.

Hussein merupakan penyerang yang menjadi ancaman bagi pertahanan timnas Indonesia, Rizky Ridho. Ia mencetak gol ketiga Irak ke gawang Indonesia setelah memenangi pertarungan udara melawan bek Persija.

Kini, Husein meneror barisan belakang Jepang dengan postur tubuhnya yang menjulang tinggi. Hal itu semakin terbukti setelah sang pemain mencetak gol pada menit ke-45+4 untuk membawa Irak unggul 2-0 di babak pertama.

Striker timnas Irak Aymen Hussein merayakan golnya ke gawang Jepang pada laga Piala Asia 2023 di Al Rayya, Qatar. [HECTOR RETAMAL / AFP]

Usai jeda, Irak mencoba bermain lebih bertahan. Cara yang dilakukan pelatih Jesus Casas terbukti jitu saat Jepang kesulitan menciptakan peluang emas.

Meski harus menghadapi ketatnya pertahanan Irak, Samurai Biru tak menyerah begitu saja. Mereka berhasil memperkecil ketertinggalan lewat gol Wataru Endo.

Gelandang Liverpool itu mencetak gol melalui sundulan usai melakukan tendangan sudut pada menit ke-90+3. Namun di sisa waktu, Jepang tak mampu menambah gol hingga akhirnya kalah 1-2.

Kekalahan Jepang membuat persaingan Grup D untuk memperebutkan tiket ke 16 besar Piala Asia 2023 semakin sengit.

Baca juga: Pertahankan Gol Offside Irak, Wasit Thailand Kembali ke Resmi VAR Timnas Indonesia Vs Vietnam

Bagi Jepang, hasil ini membuat mereka tidak bisa beristirahat dan harus memenangkan pertandingan terakhirnya di Grup D untuk memastikan tiket ke babak 16 besar.

Nah, inilah kabar buruk bagi Timnas Indonesia. Skuad Garuda menjadi tim yang akan menghadapi Jepang pada laga hari terakhir Grup D.

Skuad Garuda kini menemui jalan buntu tanpa poin setelah kalah 1-3 dari Irak di laga pertama.

Tim besutan Shin Tae-yong itu berencana meraih setidaknya empat poin dari Grup D dengan harapan bisa melaju ke babak 16 besar lewat jalur peringkat ketiga terbaik.

Artinya, secara realistis Timnas Indonesia harus memenangkan laga melawan Vietnam pada match day kedua yang berlangsung malam ini, Jumat (19/1/2024) pukul 21.30 WIB.

Namun, meski menang, jalan Indonesia untuk meraih empat poin dari Grup D akan sangat sulit karena Jepang akan menjadi lawan terakhirnya.

Meraih satu poin dari Jepang jelas bukan hal yang mustahil bagi Indonesia. Namun, mengingat Jepang perlu menang untuk menjaga peluang lolos, secara matematis ambisi Garuda sangat sulit terwujud.

Jepang akan menghadapi Timnas Indonesia di Stadion Al Thumama pada 24 Januari, tepatnya pukul 18.30 WIB.