Inter Milan, AS Roma dan Fiorentina – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Sepak bola Italia mengalami kebangkitan musim ini. Hal itu ditunjukkan dengan raihan wakilnya di kompetisi Eropa 2022-2023, yakni Liga Champions, Liga Europa, dan Liga Konferensi.

mengutip Sepak bola-ItaliaJumat (19/5/2023), untuk pertama kalinya dalam 33 tahun, akan ada tiga wakil klub Italia di final kompetisi antarklub Eropa.

Terakhir kali tiga wakil Italia mencapai final Eropa pada musim yang sama adalah pada 1989-1990. Saat itu, AC Milan, Juventus, dan Sampdoria menjadi pemuncak klasemen dan masing-masing berhasil menjadi juara.

Juventus memenangkan Piala UEFA dengan mengalahkan Fiorentina, sementara AC Milan memenangkan Piala Eropa atau Liga Champions setelah mengalahkan Benfica, dan Sampdoria memenangkan Piala Winners dengan mengalahkan Anderlecht di final.

Sekarang, setelah 33 tahun, hal itu terjadi lagi. Inter Milan telah mengamankan tempat di puncak Liga Champions, sementara Fiorentina dan AS Roma masing-masing masuk ke final Liga Konferensi dan Liga Europa.

Para pemain AS Roma melakukan selebrasi usai laga semifinal kedua Liga Europa 2022-2023 antara Bayer Leverkusen vs AS Roma di Leverkusen, 18 Mei 2023. INA FASSBENDER/AFP.

Inter melaju ke final Liga Champions untuk pertama kalinya sejak 2010 setelah mengalahkan rival sekota AC Milan dengan agregat 3-0, memenangkan leg pertama 2-0 dan leg kedua 1-0 minggu ini.

Sementara itu, Fiorentina lolos ke final Conference League dengan cara yang dramatis. Mereka membuat comeback melawan Basel.

Perwakilan Italia mengunjungi markas Basel di St. Petersburg. Jakob-Park, Jumat (19/5/2023) berada dalam tekanan besar akibat tertinggal agregat 1-2 setelah kalah di laga pertama.

Namun, Fiorentina mampu membalikkan keadaan. Mereka menang 3-1 untuk menang agregat 4-3 dan lolos ke final.

Sementara itu, AS Roma melaju ke final Liga Europa 2022-2023 usai mengalahkan Bayer Leverkusen dengan agregat 1-0 sebagai hasil kemenangan di leg pertama dan imbang tanpa gol di leg kedua, Jumat (19/5/2023).