Ini Sejalan dengan Misi Mengangkat Liga Sepak Bola Indonesia – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Badan sepak bola Jerman, Deutsche Fusball Liga (DFL), dan PSSI sepakat untuk memperluas kerja sama. Kerja sama ini tertuang dalam Memorandum of Understanding (MoU) yang ditandatangani pada Jumat (9/6/2023).

Ketua PSSI Erick Thohir disambut hangat di markas DFL, Frankfurt, Jerman sejak Rabu 7 Juni 2023. Kedua kubu kemudian berdiskusi untuk memperkuat peran sepak bola di Indonesia.

Ketua Umum PSSI Erick Thohir menandatangani kerja sama dengan DFL German Football Operators di Frankfurt, Jerman, Jumat (9/6/2023). [PSSI]

Penguatan peran sepak bola difokuskan pada dua bidang utama, yaitu peningkatan kapasitas teknik dan keahlian olahraga. Kedua, memajukan struktur kompetisi dan klub.

Dalam MoU tersebut, DFL dan PSSI berkomitmen untuk menyelenggarakan pelatihan dan kerjasama pemasaran bersama. Salah satunya adalah mendukung kegiatan inti dalam sepak bola.

“Indonesia adalah negara terpadat di Asia Tenggara, dan salah satu pasar terpenting kami, untuk berbagi semangat yang kuat untuk permainan Jerman. Karena itulah kami melihat hubungan yang kuat antara DFL dan PSSI, untuk semakin memperkuat Jerman- Indonesia,” ujar Head International Bundesliga Marketing Officer (CMO) Peer Naubert dalam keterangan resmi yang diterima di Jakarta.

“Kami dengan senang hati menegaskan komitmen kami di Indonesia dan mempererat hubungan kami dengan Bapak (Erick) Thohir dan PSSI, untuk bersama-sama mempromosikan sepak bola di seluruh negeri dan semakin memperluas kehadiran Bundesliga di Indonesia. Kami berharap dapat menjalin kerja sama yang erat di mendatang,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Umum PSSI Erick Thohir mengatakan, pihaknya mengapresiasi sambutan hangat yang diberikan DFL. Pertemuan PSSI dan DFL dulunya merupakan rangkaian pertemuan untuk mempelajari lebih jauh pengelolaan sepak bola profesional di Jerman.

“Upaya ini sejalan dengan misi kami untuk memuliakan liga sepak bola Indonesia yang diharapkan menjadi kompetisi sepak bola utama di Asia Tenggara,” ujar Erick.

“Karena fondasi kompetisi diperkuat melalui kesepakatan ini, maka aspek-aspek penting seperti penyelenggaraan kompetisi, pengelolaan stadion, keselamatan suporter, dan perizinan akan dilakukan secara profesional,” lanjutnya.

Ketua Umum PSSI Erick Thohir menandatangani kerja sama dengan DFL German Football Operators di Frankfurt, Jerman, Jumat (9/6/2023). [PSSI]
Ketua Umum PSSI Erick Thohir menandatangani kerja sama dengan DFL German Football Operators di Frankfurt, Jerman, Jumat (9/6/2023). [PSSI]

DFL sendiri memiliki anak perusahaan bernama Bundesliga International yang bertugas untuk menghubungkan dan menginspirasi para penggemar sepak bola di seluruh dunia. Fokus utamanya adalah mempromosikan internasionalisasi Bundesliga dengan konten yang mudah dipahami.

Bundesliga International memasarkan audiovisual, hak sponsor (kemitraan), merek, dan lisensi digital melalui jaringan global yang terdiri dari 80 mitra.