Indonesia Pertimbangkan Tak Ikut Piala AFF, Pakar Sepak Bola Vietnam Beri Tanggapan Menohok – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Pakar sepak bola Vietnam memberikan tanggapan mengejutkan setelah Indonesia dianggap tidak ikut serta di Piala AFF.

Seperti diketahui, Indonesia mempertimbangkan untuk tidak lagi mengikuti Piala AFF di masa mendatang. Pasalnya, keputusan wasit disebut bias dan merugikan timnas U-23 Indonesia di final Piala AFF U-23 2023.

Beberapa keputusan wasit asal Jepang, Hiroki Kasahara, kerap membuat marah Shin Tae-yong dan staf pelatih.

Seperti handball pemain Vietnam di kotak penaltinya sendiri, hingga sikutan hingga belakang kepala Haykal Alhafiz yang tak dihiraukannya.

Hal ini memicu Indonesia berpotensi tidak mengikuti Piala AFF edisi berikutnya.

Pakar sepak bola Vietnam, Vu Manh Hai memberikan tanggapan serius. Ia menilai Indonesia tidak patuh di bawah naungan AFF jika tidak mengikuti turnamen tersebut.

“Saya kira mereka bisa menghadapi banyak kerugian, bahkan setelah ada permintaan mundur,” kata Vu Manh Hai, dikutip dari Soha.

“ASEAN juga punya organisasi, aturannya jelas. Kalau ikut organisasi itu harus taat aturan.”

“Asosiasi Sepak Bola Asia Tenggara juga tampil sangat baik dalam beberapa waktu terakhir.”

“Mereka menjadi tuan rumah banyak turnamen, membantu pemain di kawasan ini berkembang.”

“Sekarang kalau federasi seperti Indonesia mengkritik AFF, kalau mereka tidak menghormati AFF, bagaimana menurut mereka?”

“Reaksi sebagian sepak bola Indonesia sangat kekanak-kanakan, tidak pantas jika ada sepak bola di negara yang padat penduduknya!” dia menyimpulkan.