Imbang 1-1, Juku Eja Tersingkir dari Piala AFC – Berita Hiburan

by

Pahami.id – PSM Makassar gagal meraih kemenangan saat menjamu wakil Vietnam, Hai Phong FC pada laga hari kelima Grup H Piala AFC 2023-2024, Kamis (30/11/2023) malam WIB.

Pada pertandingan di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, PSM Makassar diikat oleh Hai Phong dengan skor 1-1.

PSM Makassar kebobolan lebih dulu pada menit ke-74 oleh Lucao sebelum menyamakan kedudukan melalui Yakob Sayuri tiga menit berselang.

Sayangnya hasil imbang itu belum cukup bagi tim berjuluk Juku Eja untuk menjaga asa lolos ke babak semifinal Piala AFC 2023-2024 zona ASEAN.

PSM saat ini berada di peringkat ketiga dengan tujuh poin, imbang dengan Hai Phong di peringkat kedua namun kalah dengan selisih gol -4 berbanding 0.

PSM Makassar vs Hai Phong pada laga kelima Grup H Piala AFC 2023-2024 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Kamis (30/11/2023). [Dok. PSM Makassar]

Dengan satu pertandingan tersisa, PSM Makassar kemungkinan besar tidak akan finis sebagai runner-up terbaik dari tiga grup zona ASEAN.

Sebagai informasi, hanya juara Grup G, H, dan I serta runner-up terbaik yang berhak lolos ke babak semifinal Piala AFC 2023-2024 zona ASEAN.

Saat ini posisi teratas runner-up terbaik Piala AFC 2023-2024 zona ASEAN untuk sementara didominasi oleh wakil Kamboja, Phjom Penh Crown dengan perolehan 12 poin usai menang 4-0 atas Cebu FC.

Alhasil, poin maksimal yang bisa didapat PSM Makassar di Grup H hanya 10 poin jika mampu mengalahkan Sabah FC di laga terakhir. Jumlah tersebut secara matematis tidak cukup untuk menggeser posisi Mahkota Phnom Penh.

Pertandingan Perjalanan

PSM Makassar vs Hai Phong pada laga kelima Grup H Piala AFC 2023-2024 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Kamis (30/11/2023). [Dok. PSM Makassar]
PSM Makassar vs Hai Phong pada laga kelima Grup H Piala AFC 2023-2024 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Kamis (30/11/2023). [Dok. PSM Makassar]

PSM Makassar bermain agresif di hadapan pendukungnya di Stadion Kapten I Wayan Dipta. Adilson Silva bahkan memberikan ancaman nyata di menit-menit awal.

Usai menerima umpan silang Yakob Sayuri, Adilson melepaskan tembakan keras yang sayang melebar dari gawang Hai Phong.

Hai Phong yang berada di bawah tekanan terkadang melawan. pada menit ke-13 mereka malah mendapat peluang emas.

Joseph Mpande berada dalam posisi yang menguntungkan untuk menembak. Namun Yuran Fernandes sigap menghentikan bola yang mengarah ke gawang.

PSM terus mendominasi pertandingan setelahnya, namun beberapa kesalahan individu nyaris membuat gawang mereka kebobolan.

Pada menit ke-23 terjadi miskomunikasi di lini belakang Juku Eja yang nyaris membuat gawang Reza Arya jebol. Untungnya, tembakan tak terkendali Lucao Break meleset.

Hai Phong mendapatkan momentum untuk memberikan tekanan pada PSM setelahnya. Beberapa kali mereka mengancam gawang Reza Arya namun skor tetap 0-0 hingga babak pertama berakhir.

Selepas jeda pertandingan masih berlangsung intens. Hai Phong berhasil membuka keunggulan pada menit ke-74 melalui Lucao yang memanfaatkan umpan Luong Hoang Nam.

Namun tim besutan Bernardo Tavares merespons dengan cepat. Yakob Sayuri berhasil menyamakan kedudukan hanya tiga menit kemudian untuk mengubah skor menjadi 1-1.

Pada akhirnya skor tidak berubah hingga wasit meniup peluit tanda berakhirnya pertandingan.

Susunan pemain PSM Makassar vs Hai Phong FC

PSM Makassar (3-5-2): Reza Arya Pratama; Yuran Fernandes, Safrudin Tahar, Daffa Salman; Rizky Eka Pratama, Yakob Sayuri, Kenzo Nambu, M Arfan, Akbar Tanjung; Adilson Silva, Everton Nascimento.

Pelatih: Bernardo Tavares.

Hai Phong FC (4-1-3-2): Nguyen Dinh Trieu; Trieu Viet Hung, Dang Van Toi, Le Manh Dung, Nguyen Tuan Anh; B.Bisainthe; Luong Hoang Nam, Le Mang Dung, Nguyen Huu Son; Lucao do Break, Joseph Mpande.

Pelatih: Dinh Nghiem Chu.