Hitung-hitungan Ranking FIFA Indonesia jika Kalahkan Australia di 16 Besar Piala Asia 2023 – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Peringkat FIFA Timnas Indonesia bisa naik drastis jika mampu mengalahkan Australia di babak 16 besar Piala Asia 2023, Minggu (28/1/2024).

Timnas Indonesia sendiri lolos ke fase gugur setelah menduduki peringkat empat tim terbaik di peringkat ketiga. Sedangkan Australia lolos setelah menjadi juara Grup B.

Dari lolosnya saja sudah terlihat perbedaan kualitas antara timnas Indonesia dan Australia. Hal itu semakin terlihat dari jarak kedua tim di ranking FIFA.

Australia saat ini berada di peringkat 25 dunia, sedangkan Indonesia berada di peringkat 146 dunia. Ada lebih dari 100 tempat antara kedua negara.

Meski begitu, Timnas Indonesia sudah menunjukkan mentalitas baja saat menghadapi tim yang berada jauh di atasnya.

Ambil contoh tiga laga di Grup D. Meski “hanya” menang melawan Vietnam dan kalah melawan Irak dan Jepang, permainan Indonesia dinilai positif.

Sebab, laga melawan Australia tidak menutup peluang timnas Indonesia untuk meraih kemenangan.

Kemenangan masih terbuka untuk mengukir sejarah untuk pertama kalinya lolos ke perempat final. Kemenangan bahkan bisa membuat peringkat Indonesia naik drastis.

Menurut perhitungan football.ranking.comTimnas Indonesia akan mendapat 30,21 poin jika berhasil mengalahkan Socceroos -julukan Timnas Australia.

Tambahan poin signifikan tersebut berpotensi membawa Timnas Indonesia naik ke peringkat 135 klasemen FIFA atau naik ke posisi 11.

Beberapa negara yang bisa dituju Indonesia antara lain Turkmenistan, Kuwait, Filipina, Burundi, dan Latvia.

Kontributor: Aditia Rizki