Head to Head Timnas Indonesia vs Vietnam, Mana yang Lebih Berprestasi di Asia? – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Prestasi Timnas Indonesia dan Timnas Vietnam di berbagai turnamen menunjukkan perbedaan yang signifikan, dengan prestasi yang beragam.

Catatan tersebut menjadi fokus jelang pertemuan kedua Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia yang digelar dua laga berturut-turut.

Laga pertama dijadwalkan di kandang Timnas Indonesia pada 21 Maret 2024, sedangkan pertemuan kedua di Vietnam pada 26 Maret 2024.

BACA JUGA: ‘Diusir’ dari Jakarta, Thomas Doll meminta Persija tetap galak melawan Madura United

Nasib keduanya di Grup F akan ditentukan melalui laga ini. Terlepas dari rekor pertemuan sebelumnya, The Golden Star punya prestasi yang lebih unggul dibandingkan Tim Garuda, baik di tingkat ASEAN maupun di turnamen berskala lebih besar.

Piala AFF, Siapa Lebih Mendominasi?

Prestasi timnas Indonesia dan Vietnam terlihat dari sejarah Piala AFF, terutama perbedaan prestasi di tingkat ASEAN.

Timnas Vietnam memiliki rekor lebih baik, dua kali menjadi juara pada edisi 2008 dan 2018, serta meraih posisi runner-up pada tahun 1998 dan 2022. Di sisi lain,

BACA JUGA: Merasa masih belum cukup bagus, Wonderkid Persija belajar dengan dua pemain asing

Timnas Indonesia belum pernah meraih gelar juara sejak pertama kali bergabung pada tahun 1996.

Prestasi tertinggi yang diraih adalah posisi runner-up sebanyak enam kali pada edisi 2000, 2002, 2004, 2010, 2016, dan 2020 sehingga menempati posisi kedua tertinggi sepanjang sejarah Piala AFF selama 14 edisi.

Apa level Piala Asia?

Prestasi timnas Indonesia dan Vietnam di level Piala Asia menunjukkan perbedaan yang cukup signifikan.

Meski sama-sama sudah lima kali mengikuti turnamen ini, The Golden Star justru mencatatkan prestasi yang lebih membanggakan.

Vietnam berhasil lolos ke babak perempat final edisi 2007 dan 2019.

Sementara itu, Timnas Indonesia baru-baru ini menorehkan sejarah dengan melaju ke babak 16 besar Piala Asia 2023, pencapaian terbaik mereka, setelah sebelumnya gagal lolos fase penyisihan pada edisi 1996, 2000, 2004, dan 2007.

Di Panggung Piala Dunia, Siapa yang Mendominasi?

Timnas Indonesia dan Vietnam, meski berbeda prestasi di ASEAN dan Asia, memiliki kesamaan dalam satu hal, yakni belum pernah tampil di putaran final Piala Dunia.

Indonesia ikut serta pada edisi 1938, saat masih bernama Hindia Belanda. Sedangkan Vietnam baru berpartisipasi aktif sejak edisi tahun 1994, setelah sebelumnya tidak hadir karena faktor stabilitas akibat perang kemerdekaan.

Kontributor: Imadudin Robani Adam