Hasil semifinal putri dan pemain kunci

by

Semifinal turnamen sepak bola wanita di Olimpiade Paris 2024 berlangsung pada hari Selasa saat pertandingan untuk medali emas dan perunggu dikonfirmasi.

Tahun 2023 Piala Dunia Spanyol yang menjadi juara menghadapi Brasil, yang tidak diperkuat pemain andalannya Marta karena terkena sanksi larangan bertanding. Peraih empat medali emas Amerika Serikatdipimpin oleh mantan Chelsea bos Emma Hayes, menghadapi Jerman pada kick-off awal.

Pertandingan medali perunggu akan berlangsung pada hari Jumat 9 Agustus, sedangkan pertandingan medali emas akan diadakan keesokan harinya pada hari Sabtu 10 Agustus.

90 menit telah mengumpulkan hasil semifinal, dan memilih pemain untuk setiap pertandingan…

Sophia Smith

Sophia Smith mencetak gol kemenangan bagi AS saat melawan Jerman / Claudio Villa/GettyImages

Seperti halnya perempat final, pertandingan berlangsung sangat hati-hati selama sebagian besar 90 menit. AS memiliki peluang yang lebih baik, dengan tujuh tembakan tepat sasaran dibandingkan dengan empat tembakan Jerman dalam waktu normal.

Lima menit memasuki waktu tambahan, Sophia Smith akhirnya memecah kebuntuan dan membawa tim asuhan Emma Hayes unggul. Ia berlari mengejar bola melambung dan mengalahkan Bibiane Schulze dari Jerman, sebelum melepaskan tembakan melewati Ann-Katrin Berger.

Pemain terbaik pertandingan: Naomi Girma (AS) – 8/10 – Penampilan bertahan yang luar biasa dari bek tengah. Semua serangan yang dilakukan Jerman langsung dipadamkan oleh Girma dan pembacaan permainannya sangat bagus. Umpan dan kualitasnya saat menguasai bola juga sama berharganya dengan kemampuannya saat tidak menguasai bola.

Adriana, Gabi Portilho

Brasil mengalahkan Spanyol untuk melaju ke final turnamen sepak bola wanita di Olimpiade Paris 2024 / Phil Walter/GettyImages

Bentrokan Spanyol dengan Brasil jauh lebih terbuka karena Piala Dunia Para pemenang kembali tercengang di awal pertandingan. Spanyol tertinggal dari Kolombia dalam 12 menit pertama perempat final selama akhir pekan, dan hal serupa terjadi di Marseille pada Selasa malam.

Kesalahan kiper Cata Coll yang berujung pada gol bunuh diri Irene Paredes membuat Brasil unggul lebih dulu dan Priscila memiliki peluang emas untuk menggandakan kedudukan menjelang menit ke-40. Namun, tendangannya melebar dari tiang gawang saat Brasil terus mencari peluang lain.

Meski begitu, Brasil tidak perlu menunggu lama untuk mencetak gol kedua karena Gabi Portilho berhasil bertahan dan menyelesaikan umpan silang dari Yasmim. Sama seperti pertandingan melawan Kolombia, Spanyol juga tertinggal dua gol dan semuanya harus diselesaikan di akhir pertandingan.

Pemain pengganti Adriana mencetak gol ketiga bagi Brasil dengan 20 menit tersisa saat mereka melangkahkan satu kaki di final Olimpiade. Namun, Spanyol tidak mampu bermain dengan nyaman, karena Salma Paralluelo memperkecil ketertinggalan di akhir pertandingan. Alexia Putellas hampir saja mencetak gol kedua lewat tendangan dari jarak jauh, tetapi Lorena sigap dan melakukan penyelamatan.

Meski waktu tambahan 15 menit, pemain pengganti lainnya, kali ini Kerolin, mencetak gol keempat untuk mengembalikan keunggulan tiga gol Brasil dan membuat skor menjadi 4-1. Paralluelo mencetak gol kedua untuk Spanyol di menit-menit akhir pertandingan, tetapi itu tidak cukup bagi sang juara dunia.

Pemain terbaik pertandingan: Lorena (BRA) – 8/10 – Sebenarnya, setiap pemain Brasil layak mendapatkan penghargaan ini atas penampilan heroiknya di seluruh lapangan. Meskipun sempat mengalami satu momen menegangkan di babak pertama, Lorena tampil fantastis di gawang Brasil. Salah satu momen paling menentukan dalam pertandingan, tak lama setelah Spanyol memperkecil ketertinggalan, dan sebelum Kerolin menambah gol keempat, ia melakukan dua penyelamatan gemilang untuk menggagalkan upaya Putellas dari jarak jauh dan memastikan Spanyol tidak mampu melakukan serangan balik yang sah.

BACA BERITA, FITUR & ANALISIS SEPAKBOLA WANITA TERBARU