Hasil pertandingan hari ke-3 wanita dan pemain kunci

by

Babak akhir pertandingan grup di turnamen sepak bola wanita di Olimpiade Paris 2024 berlangsung pada Rabu malam dan delapan tim kini telah memastikan tempat mereka di babak perempat final.

Enam pertandingan berlangsung sepanjang malam di Bordeaux, Nantes, Saint-Etienne, Marseille, Nice, dan Lyon saat negara-negara tersebut berjuang untuk mendapatkan tempat di babak sistem gugur. Di antara mereka yang berkompetisi di Olimpiade musim panas ini adalah peraih medali emas Tokyo 2020 Kanada, Piala Dunia Wanita 2023 pemenang Spanyol dan peraih medali emas empat kali Amerika Serikat.

Tiga tim teratas, yang menempati posisi teratas di grup masing-masing, telah melaju ke babak berikutnya. Kemudian, dua tim peringkat kedua tertinggi juga melaju ke delapan besar.

90min telah melihat klasemen akhir grup, semua hasil, dan memilih pemain untuk setiap pertandingan…

grup A

Posisi

Tim

Dimainkan

Won

Digambar

Hilang

Selisih gol

Poin

1

Perancis

3

2

angka 0

1

1

6

2

Kanada

3

3

angka 0

angka 0

3

3

3

Kolumbia

3

1

angka 0

2

angka 0

3

4

Selandia Baru

3

angka 0

angka 0

3

-4

angka 0

Grup B

Posisi

Tim

Dimainkan

Won

Digambar

Hilang

Selisih gol

Poin

1

Amerika Serikat

3

3

angka 0

angka 0

7

9

2

Jerman

3

2

angka 0

1

3

6

3

Australia

3

1

angka 0

2

-3

3

4

Zambia

3

angka 0

angka 0

3

-7

angka 0

Grup C

Posisi

Tim

Dimainkan

Won

Digambar

Hilang

Selisih gol

Poin

1

Spanyol

3

3

angka 0

angka 0

4

9

2

Jepang

3

2

angka 0

1

2

6

3

Brazil

3

1

angka 0

2

-2

3

4

Nigeria

3

angka 0

angka 0

3

-4

angka 0

Kanada 1-0 Kolombia

Vanessa Gilles

Kanada merayakan keberhasilan mencapai babak sistem gugur Olimpiade sepak bola wanita / Marc Atkins/GettyImages

Kanada meraih tiga kemenangan dari tiga pertandingan grup mereka dan finis di posisi kedua klasemen di bawah tuan rumah Prancis. Juara Olimpiade yang berkuasa itu akan memuncaki grup jika saja tidak ada penalti enam poin yang dijatuhkan menyusul skandal mata-mata pesawat nirawak yang mengakibatkan pelatih Bev Priestman dan dua anggota staf lainnya menerima larangan bermain selama satu tahun dari FIFA.

Namun, para pemain tidak terpengaruh oleh situasi di luar lapangan dan mencetak gol kemenangan di babak kedua melawan Kolombia untuk menjaga harapan mereka mempertahankan gelar Olimpiade tetap hidup. Setelah babak pertama tanpa gol, Vanessa Gilles melompat di atas semua orang pada menit ke-60 untuk menyundul umpan silang dari Jessie Fleming dan menempatkan Kanada di posisi yang menguntungkan.

Kanada kini akan menghadapi peraih medali emas 2016 Jerman dalam pertandingan perempat final di Stade Velodrome di Marseille pada hari Sabtu.

Pemain terbaik pertandingan: Vanessa Gilles (CAN) – 8/10 – Pemain-pemain terbaik tampil gemilang di momen-momen penting dan Gilles telah melakukannya dua kali untuk Kanada di Olimpiade musim panas ini. Ia menunjukkan ketenangan dan mencetak gol kemenangan untuk membawa timnya ke babak sistem gugur.

Prancis 2-1 Selandia Baru

Marie Antoinette Katoto

Marie-Antoinette Katoto menjadi bintang bagi Prancis saat melawan Selandia Baru / Tullio M. Puglia/GettyImages

Tuan rumah Prancis bangkit dengan sempurna setelah kekalahan di menit-menit terakhir melawan Kanada. Marie-Antoinette Katoto mencetak dua gol, masing-masing satu di setiap babak, untuk meraih kemenangan tipis 2-1 di Lyon.

Selandia Baru berhasil memperkecil ketertinggalan sebelum turun minum melalui gol Kate Taylor, tetapi Prancis mampu mencetak gol. Mereka kini akan menghadapi Brasil di Nantes pada hari Sabtu dalam upaya untuk meraih medali di Olimpiade kandang mereka.

Pemain terbaik pertandingan: Marie-Antoinette Katoto (Prancis) – 8/10 – Pemain depan Paris Saint-Germain ini kini telah mencetak lima gol di turnamen ini dan ia memimpin perolehan Sepatu Emas. Ia mencetak dua gol melawan Selandia Baru dengan sangat baik dan penampilannya yang klinis akan sangat penting saat Prancis memasuki babak sistem gugur.

Jerman 4-1 Zambia

Klara Buehl

Jerman berhasil lolos ke babak sistem gugur / Tullio M. Puglia/GettyImages

Setelah kalah dalam pertandingan kedua melawan Amerika Serikat, Jerman bangkit dengan meyakinkan pada Rabu malam. Lea Schuller, Klara Buhl dan Elisa Senss menjadi pencetak gol bagi Jerman dalam kemenangan impresif 4-1 atas Zambia.

Barbra Banda memperkecil ketertinggalan di awal babak kedua menjadi 2-1, tetapi Schuller mencetak gol keduanya dalam pertandingan tersebut untuk membawa Jerman unggul lebih jauh dan Senss memastikan kemenangan di masa tambahan waktu. Jerman kini akan menghadapi peraih medali emas 2020, Kanada, di babak perempat final.

Pemain terbaik pertandingan: Klara Buhl (GER) – 9/10 – Dengan satu gol dan dua assist, itu adalah malam yang sempurna bagi Buhl. Pemain depan Bayern Munich itu menunjukkan dengan tepat mengapa dia adalah salah satu pemain muda paling berbakat di Eropa.

Amerika Serikat 2-1 Australia

Trinity Rodman dan Emily Sonnett

Trinity Rodman mencetak gol untuk AS saat melawan Australia / Alex Livesey/GettyImages

Tim Amerika Serikat asuhan Emma Hayes meraih tiga kemenangan dari tiga pertandingan pada Rabu malam melawan Australia. Pertandingan berlangsung dramatis di Marseille dengan banyak aksi VAR, tetapi gol dari Trinity Rodman dan Korbin Albert membuat gol Alanna Kennedy di masa tambahan waktu untuk Matildas tidak memengaruhi hasil keseluruhan.

AS lolos sebagai juara Grup B, mengungguli Jerman, dan kini mereka akan menghadapi Jepang di perempat final. Ini merupakan awal yang sempurna bagi masa jabatan Hayes saat mereka melaju ke babak gugur di Olimpiade.

Pemain terbaik pertandingan: Trinity Rodman (Amerika Serikat) – 7/10 – Lini depan menjadi “faktor-x” bagi tim Amerika Serikat di Olimpiade musim panas ini sejauh ini. Kali ini, Rodman yang maju dengan gol krusial, yang diciptakan oleh rekan setimnya, Sophia Smith.

Jepang 3-1 Nigeria

Mina Tanaka dan Deborah Abiodun

Mina Tanaka menebus kegagalan penaltinya dengan mencetak gol melawan Nigeria / Robert Cianflone/GettyImages

Jepang melaju ke babak sistem gugur dengan kemenangan 3-1 atas Nigeria di Nantes. ChelseaMaika Hamano dari ‘s membuka skor setelah 22 menit sebelum Mina Tanaka menggandakan keunggulan mereka 10 menit kemudian.

Jennifer Echegini membalas satu gol tak lama kemudian dengan tendangan luar biasa, tetapi Hikaru Kitagawa mengembalikan keunggulan dua gol Jepang menjelang turun minum. Babak kedua berakhir tanpa gol, tetapi tugas sudah selesai bagi tim asuhan Futoshi Ikeda.

Pemain terbaik pertandingan: Mina Tanaka (Jepang) – 7/10 – Rabu malam menjadi semacam penebusan dosa bagi Tanaka. Setelah gagal mengeksekusi tendangan penalti pada akhir pekan melawan Brasil, ia mencetak gol melawan Nigeria untuk menebus kesalahannya dan membantu Jepang meraih kemenangan penting.

Spanyol 2-0 Brasil

Marta

Marta menerima kartu merah saat Brasil kalah dari Spanyol / Juan Manuel Serrano Arce/GettyImages

Juara dunia Spanyol sekali lagi menunjukkan keseriusan mereka di Olimpiade musim panas ini dengan kemenangan 2-0 atas Brasil di Bordeaux. Namun, mereka harus berjuang keras, karena baru pada menit ke-68 Athenea del Castillo dari Real Madrid berhasil membawa mereka unggul.

Alexia Putellas kemudian memastikan kemenangan di masa tambahan waktu dengan gol kedua Spanyol malam itu. Mereka kini akan menghadapi Kolombia, yang lolos ke babak sistem gugur sebagai salah satu tim peringkat ketiga terbaik, di babak perempat final kompetisi tersebut.

Brasil juga lolos, meski finis di bawah Spanyol dan Jepang, saat mereka merebut posisi kedua dan ketiga. Akan tetapi, mereka harus berjuang di perempat final melawan Prancis tanpa legenda Marta setelah pemain berusia 38 tahun itu menerima kartu merah karena menendang pemain Spanyol Olga Carmona di akhir babak pertama.

Pemain terbaik pertandingan: Tarciane (BRA) – 8/10 – Meskipun berada di posisi yang kurang menguntungkan, Tarciane dari Brasil tampil bertahan dengan sangat baik. Bermain melawan Spanyol dengan 11 pemain saja sudah cukup sulit, apalagi 10 pemain, jadi mempertahankan gelar juara dunia selama itu bukanlah hal yang mudah dan ia menunjukkan kepemimpinan dan disiplin yang luar biasa. Usianya masih 21 tahun.

BACA BERITA, FITUR & ANALISIS SEPAKBOLA WANITA TERBARU