Graham Potter menanggapi lowongan pekerjaan di Inggris

by

Graham Potter telah mengungkapkan bahwa dia “siap” untuk kembali melatih setelah dinobatkan sebagai salah satu kandidat potensial untuk menggantikan Gareth Southgate sebagai manajer Inggris.

Southgate mengumumkan keputusannya untuk mengundurkan diri dari jabatannya pada hari Selasa, beberapa hari setelah kehilangan kesempatan untuk mengangkat trofi Eropa bersama negaranya. Ia memimpin Three Lions selama delapan tahun, menjadi salah satu manajer tersukses di negaranya.

Daftar calon penggantinya sudah panjang, dengan Mauricio Pochettino, Eddie Howe dan bahkan Jurgen Klopp di antara nama-nama yang akan menggantikannya. Nama lain dalam daftar itu adalah Potter, yang sudah tidak bekerja sejak ia dipecat oleh Chelsea pada bulan April 2023.

Karier manajerial Potter terpukul setelah periode mengecewakan bersama the Blues, di mana ia hanya memimpin tim selama 31 pertandingan. Namun, mantan bek tersebut telah mengakui bahwa ia siap untuk kembali ke bangku cadangan, meskipun ia menolak untuk dilibatkan dalam pekerjaan sebagai pelatih Inggris.

“Hari ini bukan hari untuk berbicara tentang [the England vacancy]” kata Potter Berita Olahraga Sky.

“Saya bangga dengan pekerjaan yang dilakukan Gareth Southgate. Sebagai orang Inggris di dunia sepak bola, saya rasa tidak ada orang lain yang lebih dihormati daripada dia, bagaimana dia bersikap, dia dan stafnya, lolos ke turnamen, melangkah jauh di turnamen, membawa negara mendukung tim, dia telah melakukan pekerjaan yang luar biasa.

“Saya ingin mendoakan yang terbaik untuknya, semoga ia menikmati masa pensiunnya, dan mendoakan yang terbaik untuk apa pun yang akan ia lakukan selanjutnya.”

Gareth Southgate

Inggris mencari pengganti Southgate / Ian MacNicol/GettyImages

Potter telah dikaitkan dengan sejumlah posisi kosong sejak ia meninggalkan Chelsea. Pembicaraan telah dilakukan dengan Ajax dan Potter bahkan dikaitkan dengan kepulangan dramatis ke Brighton, tetapi ia belum menerima posisi baru.

“Saya berbicara dengan banyak tim dan klub, tetapi saya menyadari bahwa perjalanan ini adalah perjalanan yang panjang dan sulit,” jelasnya. “Kecuali jika ada kesempatan yang tepat, saya tidak akan terburu-buru untuk kembali bermain sepak bola. Itu harus tepat untuk saya.

“Yang penting saya bersabar dan menunggu kesempatan yang tepat serta meluangkan waktu bersama keluarga untuk merenung dan memikirkan apa yang ingin saya lakukan. Sekarang saya berada di tempat yang tepat di mana saya senang bisa siap dan menantikan tantangan berikutnya.

“Saya menikmati masa istirahat yang luar biasa. Perjalanan dari titik awal hingga titik akhir tidak datang begitu saja. Pindah ke tiga negara, dengan keluarga muda, dan semua itu adalah bagian dari menjadi manajer sepak bola. Penting bagi saya untuk beristirahat, merenung, dan mengisi ulang energi. Itu adalah waktu yang tepat untuk melihat hal-hal lain, olahraga lain, tim lain, dan mengunjungi tempat-tempat.

“Saya merasa sangat siap, sangat bersemangat untuk kembali ketika kesempatan yang tepat datang. Jika [what comes next is] “Apapun yang seperti 12 tahun sebelumnya, saya akan senang.”

BACA LEBIH LANJUT BERITA INGGRIS TERBARU, KUTIPAN, DAN PRATINJAU PERTANDINGAN