Gol-gol terbaik Euro 2024

by

Piala Eropa 2024 menghasilkan momen drama, kontroversi, dan hiburan yang tak terhitung jumlahnya selama musim panas.

Wasit asisten video turun tangan saat tidak diperlukan, penggemar mengejar pemain di sekitar lapangan untuk mengejar swafoto dan raksasa kontinental mengalami kekalahan mengejutkan di awal babak sistem gugur.

Namun, turnamen ini kemungkinan akan dikenang karena satu hal; katalog gol-gol yang memukau. Meskipun jumlah gol bunuh diri yang dicetak selama turnamen meningkat, permainan rumit atau tembakan dari jarak jauhlah yang menarik perhatian penggemar sepak bola di seluruh wilayah.

Ini dia 90 menit sepuluh gol teratas Euro 2024.

Upaya Italia untuk mempertahankan gelar Juara Eropa tersendat dan berakhir di babak 16 besar, tetapi segala sesuatunya tampak jauh lebih optimis ketika mereka membalikkan defisit awal melawan Albania.

Tendangan Nedim Bajrami pada menit pertama disamakan oleh Alessandro Bastoni tetapi Nicolo Barella melesakkan tendangan cantik yang membuat senyum sementara muncul di wajah Azzurri.

Semoga para penggemar sepak bola belum melihat penampilan terakhir Xherdan Shaqiri di turnamen besar, karena ia selalu menghasilkan semacam roket.

Skotlandia menjadi sasaran momen-momen terbaiknya. Mantan pemain sayap Liverpool itu memanfaatkan umpan yang salah dan dengan cepat mengarahkannya ke sudut atas gawang.

Pertandingan Turki dengan Georgia merupakan salah satu pertandingan terbaik Euro 2024 dengan dua gol yang dicetak. Gol pertama dicetak oleh Mert Muldur.

Bola jatuh ke bek Fenerbahce di tepi kotak penalti dan ia tanpa ragu menendangnya, hampir saja menembus gawang dengan ganasnya.

Spanyol menunjukkan mereka tidak main-main di Euro 2024 pada laga pembuka grup melawan Kroasia, dengan meraih kemenangan mudah 3-0 atas runner-up Piala Dunia 2018 tersebut.

Setelah Alvaro Morata membawa La Roja unggul, Pedri memberi umpan kepada Fabian Ruiz yang dengan hati-hati melewati beberapa tekel lemah sebelum menemukan sudut bawah.

Bentrokan babak penyisihan grup antara Denmark dan Inggris tidak layak untuk ditinjau ulang – kecuali jika alternatifnya adalah menyaksikan cat basah mengering – tetapi setidaknya ada gol indah dari Morten Hjulmand.

Gelandang Sporting CP itu mendapat ruang untuk melepaskan tembakan dari jarak jauh dan memaksimalkan peluangnya, bola meluncur deras ke tiang gawang dan tak memberi peluang bagi kiper Jordan Pickford.

Spanyol dapat mencetak segala macam gol, dengan pemain mana pun yang mampu tampil maksimal, tetapi Nico Williams menunjukkan mengapa ada begitu banyak perbincangan mengenai dirinya musim panas ini dengan penyelesaian yang menakjubkan melawan Georgia.

Pemain sayap Athletic Club memanfaatkan pertahanan tim yang lemah, dengan mudah mengecoh lawannya sebelum melepaskan tembakan tinggi ke bagian atas gawang.

Rumania tampil cukup baik untuk finis di puncak Grup E, meskipun keempat tim berakhir dengan empat poin.

Mereka memberikan getaran yang luar biasa dan, meskipun gol ini dibantu oleh penyelamatan buruk dari kiper Ukraina Andriy Lunin, masih banyak yang harus dilakukan oleh Nicolae Stanciu untuk menghukum sang penjaga gawang.

Ia menyambungkan umpan dengan manis untuk mengantarkan Rumania menuju kemenangan 3-0.

Karena tidak mendapat banyak waktu bermain pada musim pertamanya di Real Madrid, Arda Guler mungkin merasa ia punya tujuan untuk dibuktikan di Euro 2024.

Turki mengukuhkan predikatnya sebagai kuda hitam selama ini dengan pencapaian gemilang hingga babak perempat final. Namun, momen terbaik mereka tentu saja datang pada kemenangan pembuka dengan skor 3-1 atas Georgia saat Guler melepaskan tendangan dari jarak jauh.

Dia tidak akan diabaikan di Bernabeu terlalu lama jika dia terus mencetak gol seperti itu.

Siapa lagi?

Jude Bellingham muncul sebagai pahlawan penentu selama musim pertamanya di Madrid dan gol keduanya di Euro 2024 menyelamatkan turnamen Inggris.

Sang gelandang melompat ke udara untuk menyambung umpan Marc Guehi dari lemparan ke dalam, yang membuat Three Lions menyamakan kedudukan dengan cara yang menakjubkan sebelum mereka menyelesaikan tugasnya di perpanjangan waktu.

Tidak dapat disangkal bahwa gol terbaik turnamen ini datang dari pemain terbaik di Euro 2024.

Lamine Yamal bermain dengan kedewasaan yang tidak terlihat pada usianya yang baru 17 tahun, tetapi ia masih punya keberanian untuk melakukan hal yang luar biasa, seperti yang ditunjukkannya saat menyamakan kedudukan melawan Prancis di semi-final.

Mungkin Adrien Rabiot seharusnya tidak membuatnya kesal sebelum pertandingan, ya?

BACA BERITA, PRATINJAU & RATING PEMAIN EURO 2024 TERBARU