Gelandang Andalan Australia Puji Performa Timnas Indonesia di Piala Asia 2023: Bakal Jadi Laga Berat! – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Gelandang utama Timnas Australia, Jackson Irvine, tak mau menganggap remeh Timnas Indonesia saat kedua tim bertemu di laga 16 besar Piala Asia 2023. Irvine bahkan secara khusus memuji performa skuad Garuda di babak penyisihan grup.

Skuatnas Indonesia akan menguji kekuatan tim elite Australia pada laga fase gugur Piala Asia 2023 di Stadion Jassim bin Hamad, Al Rayyan, Qatar, Minggu (28/1/2024) malam pukul 18.30 WIB.

Skuat Garuda dipastikan lolos menjadi salah satu tim peringkat empat besar fase grup Piala Asia 2023.

BACA JUGA: Head to Head Timnas Australia Vs Indonesia: Socceroos Lebih Unggul, Akankah Skuad Garuda Menang?

Kepastian tersebut didapat setelah salah satu pesaing terkuat Indonesia terakhir di peringkat ketiga mini klasemen terbaik, Oman ditahan imbang 1-1 oleh Kyrgyzstan pada laga pamungkas Grup F, Kamis (25/1/2024) malam WIB.

Hasil ini membuat Oman melaju dari peringkat kelima mini klasemen menjadi terbaik ketiga setelah hanya mengumpulkan 2 poin dengan selisih gol -1, dan cukup untuk mengantarkan Indonesia lolos ke babak 16 besar setelah tetap berada di peringkat keempat klasemen mini hingga terbaik ketiga dengan 3 poin dan selisih gol.-3.

Sementara itu, Australia menjadi juara Grup B Piala Asia 2023, grup yang juga berisi Uzbekistan, Suriah, dan India.

Pemain Tim Nasional Australia. [HENRY NICHOLLS / AFP]

Di babak 16 besar, Australia jelas layak difavoritkan menang atas Timnas Indonesia.

Dari berbagai aspek, mulai dari materi pemain, ranking FIFA, hingga pengalaman di level tertinggi sepak bola internasional, tim favorit Piala Dunia ini nampaknya lebih unggul dalam segala hal dibandingkan Timnas Indonesia.

Meski demikian, gelandang berpengalaman Australia Jackson Irvine tak mau menganggap remeh timnas Indonesia.

BACA JUGA: Babak 16 Besar Piala Asia 2023: Grafik Babak Knockout, Big Match, Jadwal Lengkap

Bahkan, gelandang berusia 30 tahun yang memiliki 55 caps bersama tim senior The Socceroos –julukan Timnas Australia– memuji kiprah Timnas Indonesia di fase grup Piala Asia tahun ini.

Sangat menyenangkan bermain di turnamen besar seperti Piala Asia, menghadapi tim baru atau lawan dengan gaya berbeda, kata Irvine seperti dilansir Surat harianJumat (26/1/2024).

“Saya banyak menonton pertandingan di Piala Asia 2023, termasuk Indonesia. Saya kira mereka tampil sangat baik di Piala Asia ini, berhasil lolos ke babak 16 besar untuk pertama kalinya,” lanjut kapten St Pauli, divisi dua. klub di Liga Jerman.

Susunan pemain Timnas Indonesia pada laga Piala Asia 2023 melawan Jepang di Stadion Al Thumama, Doha, Qatar, 24 Januari 2024. [Giuseppe CACACE / AFP]
Susunan pemain Timnas Indonesia pada laga Piala Asia 2023 melawan Jepang di Stadion Al Thumama, Doha, Qatar, 24 Januari 2024. [Giuseppe CACACE / AFP]

“Orang-orang bilang kami lebih baik, tidak! Kami mengharapkan pertandingan yang sulit melawan Timnas Indonesia, tim yang telah membuktikan mampu mencetak gol di turnamen elit seperti Piala Asia,” kata Irvine.

Timnas Indonesia sendiri lolos setelah menempati posisi ketiga Grup D, selalu mencetak gol dalam pertandingannya di fase grup namun kebobolan enam gol.

Sempat kalah dua kali dengan skor 1-3 melawan dua tim kuat, Jepang dan Irak, skuad Garuda membuktikan kemenangan 1-0 atas Vietnam sangat penting.