Gara-gara Timnas Indonesia, Korea Selatan dan Korea Utara Bisa Bentrok di Asian Games – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Timnas U-24 Indonesia kini memuncaki klasemen Grup F sepak bola Asian Games 2022 dengan perolehan 3 poin setelah mengalahkan Kyrgyzstan 2-0. Timnas Indonesia juga berpotensi memicu ‘Perang Korea’ di babak 16 besar.

Pada laga kedua Grup F, Timnas U-24 Indonesia akan menghadapi Taiwan. Sedangkan Korea Utara yang kini tertinggal dari Indonesia karena juga mengoleksi 3 poin, akan menghadapi Kyrgyzstan pada Kamis (21/9/2023).

Dalam situasi tersebut, Timnas U-24 Indonesia masih berpotensi menjadi juara Grup F di posisi akhir.

Di final, Timnas U-24 Indonesia akan menghadapi Korea Utara. Jika timnas U-24 Indonesia menjadi juara grup dan Korea Utara menjadi runner-up, maka besar kemungkinan akan terjadi bentrok antara Korea Utara dan Korea Selatan di babak 16 besar.

Korea Selatan saat ini memimpin Grup E dengan 3 poin. Jika menjadi juara grup dan Korea Utara menjadi runner-up Grup F, pertemuan mereka di babak 16 besar tak terhindarkan pada 27 September 2023.

Kedua tim sendiri dipenuhi dengan rivalitas yang tinggi karena sejarah politik dan hubungan kedua negara yang kompleks.

Pertemuan terakhir di level senior antara Korea Selatan dan Korea Utara terjadi pada Kualifikasi Piala Dunia 2022 tahun 2019 yang berakhir imbang 0-0 di Pyeongyang tanpa penonton.

Pandemi COVID-19 menghentikan sepak bola pada pertandingan putaran kedua. Korea Utara kemudian mundur dari Piala Dunia 2022 dan Kualifikasi Piala Asia 2023.

Kini, mereka kembali tampil di Asian Games 2022 setelah empat tahun absen di kancah internasional, dengan tim U-24 dilatih Sin Yong-nam.

Pertemuan Korea Utara dan Korea Selatan kemungkinan besar akan terjadi pada Asian Games 2022, dan situasi tersebut menarik untuk dinantikan.

Kontributor: Imadudin Robani Adam