Gagalkan Timnas Indonesia Juara Piala AFF U-23, Terkuak Alasan Kiper Vietnam Tak Dibawa ke Kualifikasi Piala Asia U-23 – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Penjaga gawang Vietnam Quan Van Chuan menjadi salah satu sosok yang menghalangi Timnas U-23 Indonesia menjuarai Piala AFF U-23 2023. Namun, setelah tampil apik, Philippe Troussier urung membawanya ke Piala Asia U-23 2024. Kualifikasi Piala.

Vietnam memang membagi kedua tim dalam agenda yang solid. Hoang Anh Tuan memimpin tim untuk Piala AFF U-23 2023, sedangkan Philippe Troussier fokus di Kualifikasi Piala Asia U-23 2024.

Tim Hoang Anh Tuan diketahui menjadi juara Piala AFF U-23 2023. Salah satunya berkat kontribusi Quan Van Chuan yang tampil apik.

Kiper asal Vietnam itu pun mampu menggagalkan tendangan penalti Ernando Ari. Agar para Golden Star Warriors muda menjadi juara.

Quan Van Chuan juga menerima penghargaan individu atas penampilannya. Ia dinobatkan sebagai kiper terbaik Piala AFF U-23 2023.

Dari situasi itu, Philippe Troussier kemudian memanggil 10 pemain Vietnam untuk mengikuti persiapan Kualifikasi Piala Asia U-23 2024. Sayangnya, nama Van Chuan tidak disebutkan.

Ternyata bukan tanpa alasan kiper berusia 22 tahun itu tidak dipanggil. Pasalnya, Quan Van Chuan masih dihukum sesuai aturan AFC.

Pada Piala Asia U-23 2022, Vietnam sukses melaju ke babak perempat final dan menghadapi Arab Saudi. Dalam pertandingan itu, mereka kalah dan Van Chuan langsung mendapat kartu merah.

“Sesuai aturan AFC, pemain yang langsung mendapat kartu merah akan diskors dua pertandingan. Di perempat final, Van Chuan melakukan kesalahan dan harus meninggalkan lapangan lebih awal,” tulis laporan itu. Soha.vn diadaptasi Senin (28/8/2023).

Setelah kekalahan tersebut, Vietnam tersingkir dan skorsing Van Chuan dialihkan ke turnamen internasional U-23. Alhasil, jika dipanggil, Troussier tidak bisa bermain bersamanya di dua game pertama.

Sementara Vietnam akan bersaing dengan Singapura, Yaman, dan Guam pada Kualifikasi Piala Asia U-23 2024 yang dijadwalkan pada 6-12 September 2023.