Erick Thohir Minta Stop Isu Ada ‘Geng Pelatih’ di Antara Nova Arianto, Shin Tae-yong dan Indra Sjafri – Berita Hiburan

by

Pahami.id – General Manager PSSI Erick Thohir meminta para pecinta sepak bola Indonesia tidak menjadikan penunjukan Nova Arianto sebagai pelatih Timnas U-16 Indonesia sebagai polemik. Sebab, pelatih timnas di Indonesia saling berkesinambungan.

Nova Arianto telah diputuskan menjadi pelatih Timnas Indonesia U-16. Selain itu, ia masih mendampingi Shin Tae-yong di level U-23 dan senior.

Penunjukan Nova menuai spekulasi di kalangan pecinta sepak bola Tanah Air. Ada yang menyebut Nova merupakan murid Shin Tae-yong sehingga menjadi pelatih Timnas U-16.

BACA JUGA: Stefano Lilipaly Tak Ingin Laga Melawan Persikabo 1973: Mereka Butuh Kemenangan Agar Tinggalkan Dasar Klasemen

Hal ini berbeda dengan dikotomi Pelatih Timnas U-20 Indonesia, Indra Sjafri yang juga dibantu oleh Bima Sakti selaku mantan juru formasi timnas U-17.

Tak sedikit yang merasa Timnas Indonesia terbagi menjadi dua bagian.

Erick Thohir meminta para pecinta sepak bola Indonesia membuang anggapan itu. Dikatakannya, Timnas Indonesia mulai dari level junior hingga senior saling berkesinambungan.

“Kalau saya mau berkelanjutan jangan mendikotomikan pelatih Nova dan Shin Tae-yong, pelatih Nova dan Indra, pelatih Bima dan pelatih Indra, saya tidak mau,” kata Erick Thohir di Gedung Danareksa, Jakarta, Selasa (20/2/2024).

BACA JUGA: Perjalanan panjang Ragnar Oratmangoen menuju naturalisasi diprediksi akan membela Timnas Indonesia melawan Vietnam pada Maret besok

“Sepak bola Indonesia tidak boleh terpecah belah seperti itu. “Cuma yang saya tetapkan, pelatih Indra fokus ke U-20 dan U-17, pelatih Shin Tae-yong senior dan U-23, itu kesepakatannya,” ujarnya.

Erick Thohir menjelaskan, pelatih seperti Shin Tae-yong dan Indra Sjafri mempunyai tugas mendidik pelatih muda seperti Nova dan Bima.

Oleh karena itu, tidak boleh ada isu saling mengeroyok.

“Setiap pelatih harus melatih pelatih muda. “Kalau Shin Tae-yong diharuskan melatih pelatih muda Indonesia, pelatih Indra juga harus punya pelatih muda,” ujarnya.

“Semua pelatih memberi saya target, pelatih Indra memberi saya target untuk U-20 dan U-17. “Saya juga memberikan target kepada Pelatih Nova,” ucapnya lagi.