Emma Hayes memenangkan medali emas Olimpiade bersama USWNT setelah hanya memimpin 10 pertandingan

by

Emma Hayes mengamankan kehormatan besar pertamanya sebagai pelatih kepala USWNT pada hari Sabtu dengan kemenangan 1-0 melawan Brasil untuk mengklaim emas di Olimpiade 2024 di Paris.

Itu Amerika Serikat menargetkan medali emas Olimpiade kelima mereka setelah sebelumnya memenangi kompetisi tersebut pada tahun 1996, 2004, 2008 dan 2012. Di sisi lain, Brasil berharap untuk mengamankan medali emas pertama mereka setelah mengamankan medali perak melawan AS pada tahun 2004 dan 2008.

Brasil mengawali permainan dengan lebih baik dan secara mengejutkan lebih banyak menguasai bola di babak pertama melawan lawan mereka. Saat jeda, Brasil melepaskan tiga tembakan tepat sasaran dibandingkan dengan AS yang hanya dua.

Beberapa saat sebelum babak pertama berakhir, Gabi Portilho hampir saja membawa Brazil unggul, tetapi upayanya digagalkan oleh penyelamatan luar biasa dari kiper Amerika Serikat Alyssa Naeher. Hayes‘ sisi membutuhkan peningkatan besar di babak kedua, terutama dalam akurasi umpan, dengan hanya 55% di babak pertama.

Mereka melakukan hal itu karena butuh waktu sekitar sepuluh menit di babak kedua bagi AS untuk memecah kebuntuan. Umpan terobosan dari Korbin Albert diterima oleh Mallory Swanson, yang mampu lolos dari jebakan offside, dan ia melepaskan tendangan kaki kanan ke sudut bawah gawang untuk membawa timnya unggul.

Marta

Legenda Brasil Marta mengakhiri karier internasionalnya dengan medali perak Olimpiade / Julian Finney/GettyImages

Brasil merespons ketertinggalan dengan memasukkan Marta untuk satu tarian terakhir. Pemain berusia 38 tahun itu absen dalam pertandingan sistem gugur sebelumnya karena skorsing, tetapi, dengan sisa waktu 30 menit, Brasil harus mengerahkan segenap tenaga untuk melawan AS agar dapat bangkit kembali dan beralih ke pemain veteran yang ikonik itu.

AS tampak nyaman sepanjang sisa pertandingan karena kebutuhan Brasil untuk maju ke depan menyisakan ruang di belakang untuk mereka manfaatkan. Pemain seperti Sophia Smith dan Trinity Rodman nyaris menambah keunggulan mereka, tetapi satu gol terbukti sudah cukup.

Perubahan yang dilakukan Brazil memungkinkan mereka menciptakan beberapa momen positif di tahap akhir pertandingan, termasuk tendangan bebas dari Marta yang melengkung tipis di atas mistar gawang, tetapi tim asuhan Arthur Elias tidak mampu mendapatkan kembali pijakan dan energi yang mereka miliki dalam 45 menit pertama.

Naeher kembali menciptakan momen penyelamatan gol di waktu tambahan saat Adriana mencoba menyundul bola dari tengah kotak penalti. Penjaga gawang AS itu berhasil menghalau bola dengan kuat dan menghalaunya untuk kedua kalinya dalam pertandingan.

AS mampu bertahan di babak akhir untuk meraih medali emas dan menutup turnamen sepak bola wanita di Olimpiade Paris 2024. Bagi Hayes, ia membimbing USWNT meraih kehormatan besar setelah hanya 10 pertandingan bertugas.

BACA BERITA, OPINI & ANALISIS SEPAKBOLA WANITA TERBARU