Dulu Dipecat, Kini Dipulangkan dari Piala Asia 2023 – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Timnas Indonesia kerap menjadi mimpi buruk bagi Philippe Troussier. Saat menghadapi Garuda, pelatih asal Prancis itu selalu menghadapi nasib buruk.

Skuadnya, Timnas Vietnam, harus menelan kekalahan melawan Timnas Indonesia saat saling berhadapan pada laga kedua Grup D Piala Asia 2023.

Pertemuan di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar, Jumat (19/1/2024) malam WIB, diakhiri dengan kemenangan 1-0 bagi timnas Indonesia lewat gol penalti Asnawi Mangkualam.

Akibat kekalahan tersebut, Vietnam dipastikan tidak lolos ke babak 16 besar meski masih ada satu laga terakhir melawan Irak.

Dengan hasil tersebut, Vietnam gagal mengulangi prestasi di Piala Asia 2019 saat sukses lolos ke babak 16 besar.

Bagi Philippe Troussier sendiri, kekalahan ini memperpanjang rekor buruknya saat bertemu Timnas Indonesia.

Sebelum laga Timnas Vietnam vs Indonesia di Piala Asia 2023, Philippe Troussier melatih Qatar dan bertemu Indonesia di Piala Asia 2004.

Di turnamen terbesar Asia, Qatar asuhan Troussier berada di Grup A bersama Indonesia, Bahrain, dan tuan rumah China.

Melawan Timnas Indonesia di laga pertama, Qatar kalah mengejutkan dengan skor 1-2. Dua gol Timnas Indonesia saat itu dicetak oleh Budi Sudarsono dan Ponaryo Astaman.

Bagi Troussier, kekalahan ini akhirnya berujung pada pemecatan pelatih Qatar tersebut. Ia dipecat tak lama setelah Qatar kalah dari timnas Indonesia di hari pertama Piala Asia 2004.

Tak hanya di level senior, Philippe Troussier juga bernasib sial saat menghadapi timnas Indonesia di level kelompok umur.

Di babak semifinal SEA Games 2023, Timnas U-22 Indonesia yang dipimpin Indra Sjafri sukses mengalahkan Vietnam U-22 yang dipimpin Troussier.

Kontributor: Aditia Rizki