Dipaksa Keadaan, Alasan Jay Idzes Takkan Bela Timnas Indonesia hingga Pertengahan Maret – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Jay Idzes resmi dinaturalisasi, namun sang pemain harus bersabar beberapa waktu sebelum bisa menjalani debut bersama timnas Indonesia.

Pembela keturunan Belanda berusia 23 tahun itu resmi menjadi warga negara Indonesia (WNI) usai diambil sumpahnya di Kantor Kementerian Hukum dan HAM DKI Jakarta, Kamis (28/12/2023).

Saat ini, Jay Idzes hanya perlu melalui satu tahapan lagi sebelum bisa memperkuat timnas Indonesia, yakni pergantian federasi dari Belanda (KNVB) ke Indonesia (PSSI).

Usai naturalisasi, pemain yang bisa menempati posisi bek tengah atau gelandang bertahan itu mengaku sudah tidak sabar membela timnas Indonesia.

Saya siap memberikan segalanya untuk negara ini. Saya tidak sabar untuk bergabung dengan tim dan bermain untuk Indonesia, kata Jay Idzes, dikutip dari laman resmi PSSI, Kamis (28/12/2023).

Pemain keturunan Belanda, Jay Idzes resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) usai diambil sumpahnya di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia di Jakarta, Kamis (28/12/2023). [Dok. PSSI]

Namun keinginan bek Venezia untuk segera mengenakan lambang Garuda di dadanya tentu tak akan terkabul.

Melihat situasi tersebut, kemungkinan besar Jay baru bisa membela Garuda pada pertengahan Maret 2024.

Jay diketahui masuk dalam proyeksi Shin Tae-yong untuk Piala Asia 2023. Namun, tertundanya penyelesaian naturalisasi membuat kemungkinan tersebut batal.

Proses naturalisasi sang pemain baru selesai ketika batas waktu pendaftaran nama Piala Asia 2023 ditutup oleh Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC).

Padahal, Jay sebenarnya ditarget tampil di Piala Asia 2023 yang berlangsung di Qatar pada 12 Januari – 10 Februari.

Akhirnya Jay Idzes bisa mengambil sumpah dan setelah ini mengurus paspornya, kata Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI Endri Erawan dalam jumpa pers, Kamis (28/12/2023).

Sayangnya Jay tidak bisa berpartisipasi di Piala Asia.

Situasi tersebut membuat Jay Idzes kemungkinan besar baru bisa melakoni debutnya bersama timnas Indonesia pada pertengahan Maret 2024 saat Garuda dijadwalkan melakoni dua laga Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Usai Piala Asia 2023, tim asuhan Shin Tae-yong dijadwalkan menghadapi Vietnam berturut-turut pada 21 Maret di kandang sendiri dan 26 Maret di markas lawan.