Dibantai Empoli 1-4, Kena Sanksi Pengurangan 10 Poin – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Nasib Juventus seperti jatuh dari tangga. Setelah diputuskan sanksi pengurangan 10 poin, secara mengejutkan mereka dibantai Empoli dengan skor 1-4, Selasa (23/5/2023) dini hari WIB.

Duel Empoli vs Juventus tersaji di hari ke-37 Liga Italia 2022-2023. Dalam laga yang berlangsung di Stadion Carlo Castellani tersebut, Bianconeri tak berdaya.

Empoli bahkan sempat unggul tiga gol melalui Francesco Caputo dan satu gol dari Sebastiano Luperto hingga babak kedua dimulai.

Federico Chiesa memperkecil ketertinggalan di menit ke-85, namun Roberto Piccoli menambah satu gol lagi untuk tuan rumah di menit akhir.

Kekalahan itu terjadi tak lama setelah Juventus diberitahu bahwa mereka telah dikurangi 10 poin dari Federasi Sepak Bola Italia (FIGC).

Pelatih Juventus asal Italia Massimiliano Allegri (kedua dari kiri) bereaksi terhadap pemain luar pada pertandingan leg pertama Grup H Liga Champions 2022/2023 antara PSG vs Juventus di Stadion Parc des Princes di Paris, pada 6 September 2022 waktu setempat. FRANK FIFE / AFP

Larangan itu diberlakukan sehubungan dengan kasus manipulasi keuangan dan aktivitas nilai transfer, yang sebelumnya membuat Si Nyonya Tua dikurangi 15 poin, namun hukumannya baru saja dicabut.

Pengadilan olahraga tertinggi Italia, Collegio di Garanzia, April lalu memerintahkan Pengadilan Banding Federal FIGC untuk mempertimbangkan kembali keputusannya untuk mengurangi 15 poin.

Pasalnya, Collegio di Garanzia menilai FIGC belum menemukan alasan yang tepat untuk memberikan pengurangan poin kepada Juventus.

Alhasil, setelah hukuman pengurangan 15 poin dibatalkan, sidang dilanjutkan untuk mendalami kasus yang menjerat Juventus.

Kini, setelah FIGC menggelar sidang lanjutan pada Senin (22/5/2023) di Roma, Pengadilan Banding Federal telah memutuskan bahwa Juventus bersalah atas skandal akuntansi palsu tersebut.

Jaksa FIGC Giuseppe Chine mengusulkan pada sidang agar Juventus dihukum dengan 11 poin, tetapi panel menanggapi dengan pengurangan 10 poin.

Situasi itu menyebabkan Juventus yang pernah menduduki peringkat dua klasemen, kini terpuruk di peringkat ketujuh alias berada di luar zona Liga Champions.

Mereka memiliki 59 poin, tertinggal satu poin dari AS Roma yang berada di peringkat terakhir kualifikasi Eropa di posisi keenam dan tertinggal lima poin dari AC Milan di posisi keempat dengan sisa dua pertandingan.

“Singkatnya musim pada malam seperti ini adalah pernyataan yang meremehkan,” kata pelatih Juve Massimiliano Allegri. Reuters.

“Itu adalah situasi yang aneh, 10 menit sebelum pertandingan, kata-kata itu keluar.”

“Juventus terbiasa menang, kami harus menutup barisan. Ada enam poin untuk diperebutkan dan Milan tiba pada hari Minggu.”