Di balik kebingungan & kegagalan perundingan dengan Chelsea & Al Ahli

by

Chelsea memulai musim panas ini dengan tujuan utama merekrut penyerang besar. Pemilik bersama Todd Boehly dan Clearlake Capital menginginkan striker baru. transfer pasar dari rencana empat jendela transfer mereka untuk menghadirkan bagian yang hilang dari teka-teki, dan itu seharusnya adalah penyerang Napoli Victor Osimhen.

Kisah ini mendominasi jendela transfer musim panas ketika Chelseameski ada ketertarikan dari Paris Saint-Germain dan klub Arab Saudi Al-Ahli, tetap bersabar hingga akhir bursa transfer dengan harapan bisa mencapai kesepakatan besar untuk Osimhen, tetapi segalanya menjadi kacau di menit-menit terakhir.

Di Sini, 90 menit mengungkap kisah di balik salah satu pertempuran transfer yang paling membingungkan dalam ingatan baru-baru ini.

Victor Osimhen

Osimhen memainkan peran penting dalam kemenangan gelar Napoli 2022/23 / Francesco Pecoraro/GettyImages

Ketika Osimhen menandatangani kontrak barunya dengan Napoli pada bulan Desember 2023, ketertarikan dari Chelsea dan klub-klub lain sudah diketahui. Klausul pelepasan lebih dari €120 juta dimasukkan ke dalam kesepakatan baru dan ada kesepakatan dengan presiden Napoli Aurelio De Laurentiis bahwa ia dapat pindah musim panas ini.

Saat bursa transfer musim panas tiba, Napoli menegaskan pendirian mereka. Mereka ingin melihat klausul pelepasan Osimhen diaktifkan atau nilainya disesuaikan, dengan keyakinan bahwa pemain berusia 25 tahun itu bernilai lebih dari €120 juta setelah mencetak 51 gol dalam dua musim sebelumnya. Arsenal sebenarnya adalah klub pertama yang menanyakan hal ini sebelum bursa dibuka, tetapi diberi tahu bahwa ini adalah harga yang ditetapkan dan tidak ada fleksibilitas.

PSG kemudian melakukan pendekatan pertama mereka pada bulan Juli dan tidak membuang waktu untuk menyetujui persyaratan pribadi dengan Osimhen, meskipun klub Prancis itu tidak pernah melihat striker baru sebagai perhatian terbesar mereka di musim panas. Kesepakatan untuk Joao Neves dan Desire Doue menjadi prioritas, sebelum tawaran lisan lebih dari €70 juta diajukan untuk Osimhen.

Napoli terus mengacu pada klausul pelepasan, meskipun untuk pertama kalinya menunjukkan beberapa fleksibilitas, bersikeras bahwa kesepakatan apa pun untuk Osimhen sekarang harus bernilai lebih dari €100 juta. Harga seperti itu masih tidak dapat diterima oleh PSG, yang menarik tawaran mereka dan pindah untuk selamanya. Laporan menyatakan PSG mempertimbangkan untuk kembali untuk Osimhen pada hari terakhir, tetapi sumber telah mengonfirmasi 90 menit Keputusan pihak Prancis untuk mundur sudah final.

Michael Emenalo, seorang dokter

Emenalo menginginkan Osimhen di Arab Saudi / Chris Brunskill/Fantasista/GettyImages

Kemudian datanglah Al Ahli. Pendekatan mereka mengikuti tiga proposal kontrak Al Hilal kepada Osimhen 12 bulan lalu. Langkah ini dipimpin oleh direktur olahraga Liga Pro Saudi Michael Emenalo, yang tidak mengalami kesulitan memenuhi tuntutan finansial sang penyerang.

Namun agen Osimhen, Roberto Calenda, mengumumkan keengganannya untuk pindah menyatakan kliennya harus membuktikan lebih banyak hal di Eropa. Ini agak menyesatkan, mengingat Osimhen sebenarnya sedang serius menjamu Saudi saat itu dan itulah sebabnya pembicaraan terus berlanjut hingga hari terakhir.

Masalah yang lebih besar adalah Napoli melihat Al Ahli juga berusaha mendapatkan Ivan Toney, yang kemudian mereka rekrut. Begitu mereka menyadari tawaran sebesar £40 juta telah diterima oleh Brentford pada hari terakhir bursa transfer, Napoli meminta biaya tetap sebesar €80 juta, meskipun mereka telah menyetujui secara lisan sebesar €68 juta. Para pembuat kesepakatan asal Saudi memutuskan untuk mundur dan menyelesaikan transfer Toney sebagai gantinya.

Pada titik ini, pejabat Napoli mulai menyadari bahwa mereka tidak akan menerima uang sebanyak yang mereka harapkan untuk Osimhen. PSG tidak kembali ke meja, Al Ahli sudah pindah, dan yang tersisa hanya Chelsea, yang telah menghabiskan bagian akhir jendela transfer untuk mencoba mencapai kesepakatan.

Rencana Chelsea adalah menunggu Napoli dan Osimhen keluar, dengan mengetahui biayanya akan turun atau strukturnya menjadi lebih disukai, dan bertahan dengan harapan penyerang Nigeria itu akan menurunkan gajinya.

Posisi Chelsea selalu jelas: Osimhen harus menyesuaikan diri dengan struktur gaji mereka.

Osimhen mungkin merasa kemungkinan kesepakatan dengan Saudi dapat membuat Chelsea menaikkan tawaran gaji mereka, tetapi ternyata tidak demikian. Chelsea tetap tenang dan menegaskan bahwa kesepakatan hanya akan dilakukan sesuai dengan ketentuan mereka.

Chelsea siap memberikan pinjaman langsung atau, setelah harga turun, pinjaman dengan kewajiban membeli Osimhen secara permanen musim panas mendatang. Namun, semua tawaran kontrak mereka – dan ada beberapa – berkisar pada premis pendapatan yang diberi insentif. Setelah berjam-jam negosiasi terakhir, Chelsea gagal mencapai kesepakatan. Bahkan, mereka tidak mendapat jawaban resmi dari Osimhen atas proposal akhir mereka.

Setelah bursa transfer Inggris ditutup, Napoli menegaskan kepada Osimhen bahwa ia tidak akan pernah bermain untuk klub itu lagi. Ia tidak dimasukkan dalam skuad Serie A mereka dan mungkin saja Romelu Lukaku akan mengambil nomor punggungnya 9 dalam jangka panjang, meskipun penyerang Belgia itu, yang bergabung dari Chelsea dengan harga awal €30 juta, telah diberi nomor punggung 11 untuk saat ini.

Dilema yang dihadapi Osimhen jelas. Entah ia akan duduk di bangku cadangan di Naples hingga Januari, atau ia menerima pinjaman ke negara yang jendela transfernya masih terbuka. Masuklah, Galatasaray…

Galatasaray mencapai kesepakatan dengan cepat, yang sebagian didorong oleh keinginan untuk mencoba dan mendaftarkan Osimhen tepat waktu untuk kampanye Liga Europa mereka. Klub Turki itu akan menanggung gaji Osimhen sebesar €10 juta dan telah menyetujui klausul pemutusan kontrak pada bulan Januari, yang jika dipicu akan membuat mereka menerima sejumlah uang. Menariknya, kesepakatan itu dimediasi melalui perantara George Gardi dan bukan didorong oleh Calenda sendiri.

Menjelang peminjamannya yang akan datang, Napoli juga berupaya melindungi nilai Osimhen dengan memperpanjang kontraknya selama 12 bulan. Sebagai gantinya, tercapai kesepakatan untuk menurunkan klausul pelepasannya menjadi €75 juta, dengan kemungkinan keluar secara permanen pada tahun 2025.

Apakah Chelsea akan kembali menarik minat mereka pada bulan Januari masih harus dilihat karena tuntutan gaji Osimhen masih akan sama. Nicolas Jackson juga telah memperpanjang kontraknya hingga 2033 setelah mencetak 17 gol musim lalu dan awal yang mengesankan di bawah asuhan Enzo Maresca, sementara ia tetap mendapat dukungan dari hierarki Chelsea. Jika Chelsea mencetak banyak gol antara sekarang dan Januari, mereka mungkin tidak membutuhkan Osimhen.

BACA BERITA TRANSFER DAN GOSSIP TERBARU DARI SELURUH DUNIA