Deretan Pemain Naturalisasi Timnas Indonesia Paling Berbahaya di Rezim Shin Tae-yong – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Sejak ditunjuk menjadi pelatih Timnas Indonesia pada Desember 2019 lalu, Shin Tae-yong dikenal sebagai juru taktik yang kerap menangani pemain naturalisasi.

Di era Shin Tae-yong, Timnas Indonesia di berbagai kelompok umur mengalami peningkatan jumlah pemain turun temurun yang menjalani proses naturalisasi dibandingkan rezim kepelatihan sebelumnya.

Hingga saat ini, sudah ada sekitar 10 pemain generasi yang menjalani proses naturalisasi di bawah rezim kepelatihan Shin Tae-yong. Siapa mereka? Berikut ulasannya.

Sederet pemain muda

Shin Tae-yong memimpin Timnas U-20 Indonesia untuk Piala Dunia. Grup pertama persiapan Piala Dunia U-20 2021 yang diperkuat pemain naturalisasi Elkan Baggott sayangnya dibatalkan karena pandemi.

Tiga pemain garis keturunan direkomendasikan untuk kelas berikutnya; Ivar Jenner, Rafael Struick, dan Justin Hubner.

Pasca pembatalan Piala Dunia U-20 2023, hanya Ivar Jenner dan Rafael Struick yang melanjutkan proses menjadi WNI. Justin Hubner yang awalnya batal, kini resmi menjadi WNI pada Desember ini.

Pemain dari Eropa

Hingga saat ini, tiga pemain keturunan Indonesia menjadi pilar utama Shin Tae-yong di Timnas Indonesia; Jordi Amat, Sandy Walsh, dan Shayne Pattynama.

Jordi Amat dan Sandy Walsh resmi menjadi WNI pada 17 November 2022. Amat menjalani debut di Piala AFF 2022, sedangkan Walsh tampil setelah pulih dari cedera di Match Day FIFA Agustus 2023.

Shayne Pattynama, warga negara Indonesia sejak Januari 2023, melakukan debutnya melawan Argentina pada FIFA Match Day Juni 2023.

Naturalisasi Berkat Periode

Marc Klok, pemain yang sudah berkiprah di Indonesia sejak 2017, menjadi warga negara Indonesia setelah lebih dari lima tahun.

Prosesnya dimulai pada November 2020, meski sulit membuktikan garis keturunannya ke FIFA, ia akhirnya mendapat status warga negara Indonesia berdasarkan Pasal 20 UU No. 12 Tahun 2006 tentang Kewarganegaraan Republik Indonesia.

Sebelum debut bersama Timnas Indonesia pada Juni 2022, Klok membantu Timnas U-23 Indonesia di SEA Games 2021.

Kontributor: Imadudin Robani Adam